Saturday, 28 May 2011

Transmisi Daya Nirkabel: Segera!!


Pernahkah anda membayangkan betapa ruwetnya dunia ini jika tidak ada teknologi nirkabel (wireless)? Untuk itulah kita harus berterima kasih kepada teknologi nirkabel yang membuat dunia ini sedikit lebih rapi. Dalam dunia nirkabel, yang selama ini tercover baru sebatas transmisi data. Seperti wi-fi (wireless fidelity), Wimax (Wireless maximality), Bluetooth, Infra Red, dan teman-temannya.
Tapi, sebentar lagi Anda akan akan menemui transmisi energi listrik. Penelitian tentang teknologi ini sedang dikembangkan oleh Intel yang beberapa waktu lalu mendemonstrasikan transmisi energi listrik. Dalam penelitian ini, didapatkan efisiensi transmisi sebesar 75% (25% lainnya hilang selama transmisi). pada demonstrasinya, Intel masih menggunkan media transmisi sederhana yakni tembok (untuk memperkuat resonansi gelombang listrik yang ditransmisikan). Sebuah transmitter ditanam pada tembok dan receiver diletakkan disekitar tembok untuk mendapatkan energi listrik.
ini memang menakjubkan, tapi masih diteliti lebih lanjut dari aspek kesehatan. Dikhawatirkan gelombang elektromagnetik yang hilang selama transmisi (sekitar 25% tadi) dapat mengganggu otak. Ya.. kita lihat saja perkembangan penelitian ini. Bagaimana pak dokter, apakah ini berbahaya, seperti bahayanya vitamin C yang ditaburkan di mata?

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR