Saturday, 28 May 2011

19 Film Mandarin Terbaik kayaknya


1.    Kungfu Hustle (2004)

Gue anggap terobosan terbesar Stephen Chow. Setelah sukses ngocok perut lewat film-film konyol Mandarinnya, doi berhasil menembus Hollywood tanpa perlu menanggalkan bakat jayusnya.

2.    Asembly (2007)
Bersetting perang saudara China dengan Taiwan, kita dihadapkan pada perjuangan seorang (bekas) kapten agar Negara memberi pengakuan sebagai pahlawan yang gugur di medan perang terhadap anak buah-anak buahnya yang dianggap missing in action (MIA) yang punya makna konotatif.

3.    Infernal Affairs (2002)
Film intrik yang paling gue suka dari film Mandarin. Di-remake oleh Martin Scorsese dengan judul The Departed (2006). Bercerita tentang polisi Tony Leung yang disusupkan ke jaringan penjahat dan penjahat Andy Lau yang disusupkan ke instansi polisi.

4.    Running Out of Time (1999)
Film Intrik kedua yang gue suka. Bercerita tentang Andy Lau, perampok, yang menantang polisi negosiator Lau Ching Wan untuk menangkapnya. Dikasih judul Running Out of Time karena si Andy Lau-nya cuma berniat ngabisin waktu sebelum dibunuh kankernya.

5.    Rumble in The Bronx (1995)
Film Jacky Chan yang paling gue suka. Konon aksi stuntnya yang loncat dari gedung ke gedung bikin Sylvester Stallone kagum. Bersetting di Bronx, New York, Jacky Chan berjuang untuk survive melawan geng jalanan plus mafia Rusia.

6.    The Bodyguard from Beijing (1994)
Film ala The Bodyguard-nya Kevin Costner. Di Amerika dikenal dengan judul The Defender. Dibawain apik oleh Jet Li yang terlibat cinta dengan saksi pengadilan yang dilindunginya.

7.    Return of The Condor Heroes (1983)
Gue nonton versi  film serinya yang diperanin Andy Lau sama Idy Chan. Itu lho kisah Bibi Leung sama Yoko yang ditayangin Indosiar. Salah satu masterpiecenya penulis Chin Yung dari trilogi Condor.

8.    CJ7 (2008)
Film yang bikin Christiano Ronaldo dijuluki CR7. Film drama komedinya Stephen Chow tentang anaknya yang bertemankan alien CJ7.

9.    Crouching Tiger Hidden Dragon (2000)
Filosofinya cukup bagus. Karakter yang diperanin Zhang Zi Yi mengalami dilema yang kompleks karena memiliki pacar perampok dan guru silat penjahat.

10.    Curse of The Golden Flower (2006)
Pertama “dekorasi panggung”-nya menarik. Kedua intrik keluarga kerajaannya tragis. Ketiga aksi silatnya memukau. Klop dah.

11.    Hero (2002)
Beralur mau mundur dengan kemasan apik. Disajikan dengan latar warna yang berbeda. Menceritakan intrik pemberontakan terhadap kaisar China yang punya ambisi besar.

12.    Shaolin Soccer (2001)
Biarpun nggak boleh ditayangin di China karena dianggap nggak mencerminkan profil Shaolin yang sesungguhnya, filmnya ngetop di mana-mana. Dibikin untuk menyambut Piala Dunia 2002 yang diadakan pertama kalinya di Asia. Menceritakan pendekar-pendekar Shaolin gagal yang diajak Ng Ma Tat main sepakbola.

13.    Breaking News (2004)
Kelly Chen bermain sebagai polisi yang ingin menampilkan citra baik polisi lewat tayangan langsung televisi tentang pengejaran perampok yang nggak segan-segan membunuh. Hasil yang dia dapat bagai dua sisi mata pisau: menyerang sekaligus menyakiti pihaknya sendiri.

14.    My Wife is 18 (2002)
Ekin Cheng yang udah berusia kepala tiga dapet istri umur 18 tahun. Beruntung amat sih lo! Walau sebenarnya nggak, karena perbedaan  usia yang jauh bikin permasalahannya juga nggak biasa. Tapi itu dia yang jadi bumbu ceritanya. Sempat dinobatkan sebagai best  comedy 2002.

15.    A Man Called Hero (1999)
Ekin Cheng jadi pendekar berpedang merah. Namanya harum melebihi kesederhanaan orangnya. Keberadaannya yang hilang dicari oleh anaknya sampai ke Amerika Serikat, ke tempat penggalian emas yang banyak dipenuhi migran China.

16.    Georgeous (1999)
Ini jadinya kalau Jacky Chan lagi pengin lebay. Filmnya nggak lagi tentang aksi polisi atau spionase dar der dor. Cukup kisah playboy yang terlibat cinta dengan gadis desa pecicilan.

17.    Full Throttle/Full Speed (1995)
Andy Lau dan David Wu berjuang mati-matian memperebutkan gelar raja balap jalanan. Dikemas dengan lebih dramatis dibanding film balapan motor sejenis, semisal Torque-nya Hollywood.

18.    Once Upon A Time in China 1, 2, 3, 4, 5
Tsui Hark nggak boleh dilupakan sebagai salah satu sutradara yang paling sukses di film Mandarin. Kisah sekuel Wong Fei Hung ini salah satu masterpiece-nya.

19.    A Moment of Romance 1, 2, 3
Kisah cinta gangster yang pahit. Ketiganya punya ending berbeda-beda.

Sumber gambar : Wikipedia.

1 comment:

  1. Coba secret, taiwan movie bikin terharu.

    ReplyDelete

 
×
ISUZU ELF NMR