Kamis, 26 Mei 2011

Sirius, Bintang Paling Terang di Malam Hari

Jika kalian penggemar novel Harry Potter pasti sudah terbayang tokoh Sirius Black, sang wali Harry Potter. Tapi kali ini tidak akan dibahas mengenai tokoh fiksi ini, melainkan sirius yang merupakan bintang paling terang yang dapat diamati oleh penduduk bumi di malam hari.
Bintang ini terletak dalam rasi bintang Canis Major atau Big Dog atau Anjing Besar. Rasi Canis Major ini terletak di sebelah tenggara Rasi Orion. Rasi Canis Major ini melambangkan salah satu anjing yang mengikuti Orion sang pemburu. Anjing-anjing lainnya adalah Canis Minor dan Canes Venaticci.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e5/Canis_major_constellation_map.png/600px-Canis_major_constellation_map.pngNama sirius diambil dari bahasa Yunani, Seirios yang berarti menyala-nyala atau sangat panas. Dalam astronomi Islam bintang ini dikenal sebagai Al Shira.
Pada tahun 1884, Friedrich Wilhelm Bessel menarik kesimpulan, bahwa berdasarkan perubahan geraknya, Sirius kemungkinan memiliki pasangan. Setelah hampir dua dekade kemudian kesimpulan di atas berhasil dibuktikan. Pada tahun 1862, Alvan Graham Clark menemukan pasangan bintang tersebut yang kemudian dinamai Sirius B, sedangkan bintang yang kita ungkit di atas dinamai Sirius A.
Sirius A duapuluh kali lebih terang, juga dua kali lebih besar daripada matahari kita. Sedangkan Sirius B mempunyai diameter yang hampir sama dengan planet Bumi dan massa sebesar 98% massa matahari. Sirius B lebih redup 10.000 kali dibandingkan Sirius A.
http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/sirius_rosat_big.gif
Tampak Sirius dalam tampilan sinar X
http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0010/siriusb_cxo_big.jpg
Gambar di atas diambil dengan menggunakan kamera dari Chandra Observatory, dalam tampilan sinar X. Tampak Sirius B di belakang Sirius A.
http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0702/alborzmountains_tafreshi.jpg
Sirius dilihat dari Iran. © Babak Tafreshi

0 comment:

Posting Komentar