Rabu, 25 Mei 2011

Kebudayaan Nusantara pada Masa Penjajahan

 
(atas) Marijem Kijahi Sagorowono adalah satu dari dua meriam yang berasal dari Eropa. Meriam ini dinamakan oleh Pakoe Boewono VII untuk memperingati secara simbolik berkurangnya kekuasaan dan kewenangan beliau atas pelabuhan dan hutan jati, yang diminta Belanda sebagai upah bantuan.
Keraton Surakarta pada masa kolonial merupakan salah satu kerajaan yang memilih untuk berkompromi dengan pemerintah Belanda. Hal ini juga berhubungan dengan sejarah hancurnya keraton mataram islam saat terjadi pemberontakan. Pakubuwono II yang saat itu bertahta di Kartasura dibantu oleh VOC (kongsi dagang Belanda) dalam menumpas pemberontakan. Akibat keraton yang dianggap sudah tercemar oleh para pemberontak, Pakubuwono II memindahkan keraton ke  desa Sala di tepi Bengawan Solo yang saat ini kita sebut keraton Surakarta.
Dari latar belakang tersebut, maka tak heran jika banyak peninggalan benda bersejarahnya berasal dari luar negeri. Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengganggu budaya tradisional asli. Pada awal kemerdekaan, keberadaan keraton ini membuat kota Surakarta (nama resmi sebelum Solo) menjadi Daerah Istimewa. Namun, akibat terjadi beberapa pemberontakan status tersebut dihapuskan dan Keraton Surakarta Hadiningrat hanya menjadi pusat kebudayaan saja.
Jika diperhatikan dengan seksama, keseluruhan desain bangunan keraton memiliki pola-pola bangunan dan tata letak keraton-keraton Jawa pada umumnya, yaitu membujur dari utara ke selatan. Jika pengunjung masuk dari alun-alun utara, maka akan melewati sebuah bangunan yang disebut dengan Sasono Sumewo.
Setelah itu bisa dilanjutkan ke selatan untuk melihat sebuah bangunan yang letaknya lebih tinggi dari bagian lainnya yang disebut dengan Siti Hinggil, ini merupakan tempat duduk Sinuhun atau raja ketika merayakan grebegan. Seterusnya para pengunjung akan melihat pintu-pintu (Kori) yang memiliki nama seperti Kori Renteng (pertentangan hati), Kori Mangu (ragu-ragu), dan Kori Brodjonolo (Brodjo:senjata tajam, Nolo: pikir).
(kiri) Panggung Sangga Buwana adalah menara bersegi delapan yang terdapat di kompleks Sri Manganti, keraton Surakarta. Pada masa Pakoe Boewono III, menara ini awalnya digunakan untuk mengintai pasukan Belanda. Ada juga sebuah mitos yang mengatakan bahwa menara ini merupakan tempat pertemuan raja-raja Surakarta dengan Nyai Roro Kidul, penguasa pantai selatan.


(atas) Kereta-kereta kencana pengangkut raja memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Kereta yang tertutup biasa digunakan raja untuk menjemput tamu agung. Sementara kereta terbuka digunakan untuk menyapa warga kota Solo ketika pawai. Kereta ini disimpan di museum Suaka Budaya Kasunanan Surakarta sebagai perlindungan peninggalan budaya yang bernilai tinggi.
Teks dan Foto Oleh Rahmat Darmawan

0 comment:

Posting Komentar