Saturday, 28 May 2011

BLEACH


Judul : Bleach
Pengarang : Tite Kubo
Penerbit : M & C, Real Comics
Genre : Shounen, Action
Rating : 15+
Nilai (1-10) : 8
Manga Bleach (Burichi dalam dialek Jepang) mulai diterbitkan di Jepang pada tahun 2001. Bleach sudah diadaptasikan menjadi sebuah serial anime, dua buah OVA (Original Video Animation), dua film layar lebar (movie), satu musical rock, dan beberapa judul video game. Bleach sudah terbit sebanyak 309 Chapter (bab) di jepang atau sekitar 30 jilid (tankoubon) hingga saat review ini dipost. Oleh M & C, Bleach diterbitkan hingga jilid ke-5 di Indonesia. Sedangkan untuk Real Comics, Bleach sudah terbit hingga jilid 28.
Sinopsis (synopsis):
Tokoh utama dalam Bleach adalah seorang pelajar SMA bernama Kurosaki Ichigo yang memiliki kemampuan untuk melihat arwah orang yang telah meninggal. Dia sendiri tidak tahu mengapa ia bisa melihat roh-roh gentayangan, padahal kedua saudaranya tak bisa melakukannya.
Suatu hari ia bertemu dengan Kuchiki Rukia, seorang Shinigami (malaikat kematian) yang sedang bertarung dengan Hollow (roh jahat). Rukia terluka dalam pertarungan tersebut. Menyadari kalau Ichigo bisa melihat dirinya yang tak dapat dilihat oleh manusia biasa, Rukia meminta Ichigo untuk membantunya mengalahkan Hollow tersebut. Satu-satunya cara untuk mengalahkan Hollow tersebut yaitu dengan memindahkan kekuatan Shinigami Rukia ke tubuh Ichigo, dengan cara menusukkan Zanpakuto (pedang roh) Rukia ke tubuh Ichigo. Setelah mendapatkan kekuatan Shinigami, Ichigo berhasil mengalahkan Hollow tersebut. Rukia lumayan terkejut melihat pedang Zanpakuto yang dipakai Ichigo ukurannya berubah menjadi besar, yang berarti kekuatan spiritual Ichigo juga besar. Sambil menunggu kekuatan Shinigaminya pulih, Rukia menyamar menjadi seorang manusia dengan memakai tubuh manusia tiruan (gigai) dan bersekolah di sekolah yang sama dengan Ichigo sebagai murid pindahan.
Dari sini petualangan Ichigo dimulai, ia harus menggantikan semua pekerjaan Rukia sebagai seorang Shinigami. Cerita terus berlanjut hingga ia bertemu dengan Urahara Kisuke, seorang penjual barang-barang spiritual kebutuhan Shinigami yang nantinya akan menjadi gurunya, Ishida Uryu seorang Quincy (kelompok pemanah yang memiliki kekuatan membasmi Hollow), dan tokoh-tokoh penting lainnya yang tak dapat disebutkan satu-persatu. Kekuatan Spiritual Ichigo yang besar juga membangkitkan kekuatan spiritual teman-teman dekatnya seperti Sado Yasutora (Chad), dan Inoue Orihime yang diam-diam menyukai Ichigo. Petualangan Ichigo semakin seru terutama saat pergi ke Soul Society (tempat tinggal para Shinigami) untuk menyelamatkan Rukia dan Hueco Mundo (markas besar para Hollow) untuk menyelamatkan Inoue.
Tanggapan
Sama halnya dengan Death Note, meskipun belum terbit komik resminya, Bleach sudah punya banyak penggemar dari Indonesia. Tapi saya pikir sah-sah saja dibuatkan review karena yang belum mengenal Bleach juga banyak, terutama di kota tempat tinggal saya ini, berhubung komik resminya baru saja terbit di indonesia.
Jujur kukatakan awalnya saya tidak begitu menyukai komik ini. Ceritanya di jilid-jilid awal tidak begitu menegangkan dan agak membosankan. Itu pula yang dirasakan oleh salah seorang kawan saya yang sampai sekarang tidak juga menyukai komik ini. Tapi tiba di saat Ichigo pergi ke Soul Society untuk menyelamatkan Rukia, ceritanya mulai beranjak seru dan menegangkan. Hal yang terus membuat saya membaca komik ini hingga ke bagian yang seru adalah karena yang saya tahu, manga yang punya situs tersendiri dan cukup banyak selain Naruto adalah Bleach. Di beberapa situs komik jepang (manga) Bleach juga menjadi salah satu komik top view selain Naruto.
Shinigami yang muncul di sini jangan disamakan dengan Death Note. Shinigami dalam Bleach wujudnya sama seperti manusia biasa yang memakai kimono hitam dan pedang samurai zanpakuto yang selalu tergantung di pinggang mereka
Gambar
Gambar Bleach dapat dikatakan rapi, bagus dan lumayan mudah untuk dicerna. Model ilustrasi Tite Kubo bisa dikatakan kurang kesamaan dengan manga-manga lain. Yang menarik perhatian saya terutama pada disain Hollownya. Wujud Hollow di sini tidak seperti monster-monster kebanyakan. Modelnya aneh dengan lubang besar di dadanya dan sebuah topeng yang selalu menghiasi wajah Hollow tersebut.
Review by: Arsnet (pendekarsupersakti@gmail.com)

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR