Thursday, 26 May 2011

Cara menghapus virus MacDefender di Mac OSX

MacDefender adalah malware atau lebih tepatnya disebut Rogue Antivirus, yaitu program yang berfungsi seolah-olah sebagai Antivirus yang melindungi komputer Macintosh anda.

MacDefender dapat menginfeksi Mac OSX, bisa terjadi bila anda mengklik link di website berbahaya yang akan otomatis mendownload file installasi malware. Applikasi akan langsung dijalankan karena browser Safari memiliki pengaturan default untuk langsung membuka file yang telah selesai didownload.
Screenshot MacDefender
Karakteristik MacDefender
  • Tampilan GUI program terlihat sangat meyakinkan, karena dibuat dengan bahasa pemrograman dan tools yang sama dengan applikasi OSX di Mac.
Screenshot Macdefender
  • Setelah menginfeksi, malware akan seolah-olah melakukan scan virus di Mac dan menginfokan bahwa komputer terkena virus. Kemudian terus-menerus membuka popup website untuk meyakinkan bahwa Mac anda terkena virus.
Notifikasi Mac defender
  • Malware akan menawarkan untuk menghapus virus dikomputer anda, dengan meminta anda berlangganan dengan biaya US$ 59,95 – 79,95
  • MacDefender memiliki bermacam varian nama antara lain ”Mac Defender”, “MacProtector”, “Mac Security”, “Apple Security”, dan “Apple Security Center”
  • Versi Mac Os yang terpengaruh adalah Mac OS X 10.4, Mac OS X 10.5 dan Mac OS X 10.6

Mencegah dan menghapus MacDefender di Macintosh OSX

Untuk mencegah Mac terserang malware Macdefender, jalankan browser Safari, lalu pada Preferences, dibawah tab General, bersihkan pilihan “Open Save files”
Open "Save" files di Safari
(Ini akan mencegah Safari untuk membuka file secara otomatis setelah selesai didownload)
Bila Komputer Mac sudah terinfeksi berikut cara untuk menghapus malware MacDefender :
  1. Buka “Activity Monitor” (Di folder Utilities)
  2. Cari dan pilih nama “MacDefender” (atau varian nama lain seperti MacProtector, MacSecurity,dll)
  3. Kemudian klik “Quit Process” (Ikon Stop di kanan atas layar Activity Monitor)
  4. Buka System Preferences -> Accounts. Setelah terbuka klik tombol Login Items, pilih nama program “MacDefender”, dan klik tombol “minus” untuk menghapusnya dari Login Items.
  5. Langkah terakhir, masuk ke folder Applications, cari program MacDefender, drag ke trashcan kemudian selesaikan langkah penghapusan Malware dengan menghapus isi dari trash can.
referensi: http://vrt-blog.snort.org/2011/05/macdefender-and-its-variants.html
Update 24 Mei 2011: Apple sudah merilis artikel cara mendelete Macdefender yang sama persis yaitu http://support.apple.com/kb/HT4650 dan segera merilis software update untuk mencegah menyebarnya malware ini.

http://www.infoteknologi.com/software/menghapus-virus-macdefender-di-mac-osx/

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR