Thursday, 9 June 2011

Rumus-rumus dalam Fluida Statis



dalam pembahasan fluida statis ini.....erat kaitannya dengan massa jenis zat dan tekanan.

1. Massa jenis zat dirumuskan :


 2. Tekanan secara umum dirumuskan :


Suatu benda yang berada di dalam zat cair juga mendapatkan tekanan dari zat cair yang berada di atas benda tersebut......yang dikenal dengan istilah tekanan hidorstatis.


di dalam ruangan terbuka.....benda yang berada dalam suatu zat cair selain mendapat tekanan hidrostatis juga mendapat tekanan udara/atmosfer. Gabungan tekanan hidrostatis dan tekanan atmosfer dikenal dengan istilah tekanan mutlak.



dari bentuk2 rumus tekanan di atas menurunkan beberapa rumus baru.... namun sebelum kita bahas lebih lanjut kalian harus memahami prinsipnya yaitu bentuk2 rumus yang akan dibahas berdasarkan prinsip persamaan tekanan.


 Hukum Pascal



 Dua Zat Cair atau lebih dalam Pipa U


Pada daerah peralihan zat cair di sebelah kanan dan kiri pipa....mempunyai tekanan hidrostatis yang sama, sehingga membentuk persamaan :



 dengan prinsip persamaan tekanan



 Apabila gaya yang bekerja pada sistem di atas disebabkan oleh suatu benda yang mempunyai massa m maka berlaku hubungan F = m.g. Sehingga rumus yang sebelah kiri berubah menjadi rumus yang sebelah kanan.


tekanan yang dilakukan dalam sistem di atas sebanding dengan perubahan panjang pegas......




selanjutnya dalam sebuah sistem seperti gambar di bawah ini menunjukkan adanya perbedaan tekanan udara dalam kolom udara dibandingkan tekanan udara di luar.....Tekanan dalam kolom udara sesuai dengan rumus tekanan mutlak. Bila zat cair yang digunakan untuk pengisi adalah air raksa (Hg) maka tekanan atmosfer yang ditambahkan dalam satuan cmHg.



Hukum Archimedes tentang gaya tekan ke atas



Apabila suatu benda dimasukkan kedalam air.....maka akan mendapatkan gaya tekan ke atas sesuai dengan zat cair yang dipindahkan....yang disebut.....

Gaya Tekan ke Atas


akibatnya berat benda di dalam zat cair lebih kecil dari berat benda di dalam air....

Wair = Wudara - Fa

sampai sejauh ini berarti kita mengenal tiga bentuk gaya yakni gaya berat, gaya pegas dan....gaya tekan ke atas. seperti halnya tekanan ketiga bentuk gaya ini juga dapat dihubungkan dalam suatu rumus/konsep.

Benda Terapung di atas air




kemudian bila zat cairnya terdiri dari dua jenis.......




yang perlu diingat volume benda yang tercelup maupun  volume benda total satuannya tidak selalu dalam meter kubik (m3) namun bisa dalam perbandingan ataupun persentase.

 Massa maksimal balon udara


Balon udara dapat terbang karena massa jenis gas pengisi balon lebih ringan dari massa jenis udara.....selisih kedua massa jenis inilah yang digunakan dalam perhitungan massa maksimum penumpang balon udara.


Kenaikan/Penurunan zat cair dalam pipa kapiler



sumber : mediabelajaronline

14 comments:

 
×
ISUZU ELF NMR