Thursday, 9 June 2011

Memori Otak Kita

- Human Brain -
Otak adalah bagian penting diri kita. Setiap kegiatan dan tindakan bermula dari otak. Otak pula yang mengatur, dan menyimpan informasi-informasi penting yang kita butuhkan. Dengan demikian, memori (ingatan) otak kita sangatlah penting bagi kegiatan sehari-hari baik dalam hal pekerjaan maupun dalam hal lainnya. Memori otak seseorang bisa mengalami penurunan oleh banyak faktor. Nah, jika anda merasa sering lupa, ada baiknya anda melakukan tips-tips berikut ini untuk menguatkan kembali memori otak anda.
Tidur berkualitas
Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Learning and Memory menyatakan bahwa tidur yang berkualitas dapat membantu mempertajam memori. Tidur, terang peneliti, membantu otak mengumpulkan dan mengatur informasi, sehingga bisa kembali kepada Anda dengan benar.
Mengkonsumsi kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan magnesium, mineral yang berfungsi memperbaiki memori jangka pendek dan jangka panjang. Menurut peneliti dari Massachusetts Institute of Technology dan Tsinghua University, magnesium cenderung mendorong terjalinnya jaringan baru antara sel-sel otak. Ini artinya kacang-kacangan dapat membantu menguatkan kembali memori otak anda.
Mengkonsumsi blueberry
Buah blueberry dapat membantu agar otak tetap tajam. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan, buah yang kaya anthocyanins (antioksidan sumber warna biru cerah pada blueberry) ini mendorong komunikasi neuron-neuron di otak. Hal ini berfungsi menunda hilangnya memori.
Rileks
Frank Felberbaum, presiden Memory Training Systems di New York City, menganjurkan Anda untuk menarik napas dalam-dalam secara teratur agar kondisi anda menjadi rileks. Selain menarik napas dalam-dalam, jalan-jalan di alam terbuka dan yoga juga bisa menenangkan pikiran. Ketenangan pikiran dapat membantu menjaga memori otak anda tetap dalam kondisi baik.
Bermain teka-teki silang
Melatih keterampilan kata-kata dan mengingat-ingat sebuah kata, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Neurology, bisa mencegah hilang ingatan atau menurunnya memori. Mulai sekarang, tak ada salahnya disela-sela waktu luang, anda pakai untuk mengisi teka-teki silang.
Rutin Membaca AlQur’an
AlQur’an merupakan kalam Ilahi yang menjadi pedoman hidup manusia agar selamat di dunia dan akhirat. Disamping itu, membaca dan mempelajari AlQur’an memberikan manfaat yang luar biasa besar dalam meningkatkan kecerdasan intelektual (memperkuat memori), meningkatkan kecerdasan emosional, dan meningkatkan kesehatan tubuh (physical health). Bacaan AlQuran mempengaruhi atom-atom dalam tubuh manusia secara holistik, menenangkan, menambah kesabaran, mengurangi keinginan marah dan menjernihkan pikiran dari stress dan cemas.

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR