Senin, 11 April 2011

Makalah Pengertian, Dasar Qur’ani dan Sejarah Timbulnya Ilmu Kalam

Pengertian, Dasar Qur’ani dan Sejarah Timbulnya Ilmu Kalam
Dipostingan kali ini saya akan coba berbagi makalah ilmu kalam yang telah dipresentasikan oleh kelompok I yang mana di ketuai oleh Syahri Ahmad dan Irwan, kalau sebelumnya saya berbagi makalah ilmu kalam Al-Khawarij dan Al-Murji’ah, maka kelompok Syahri dan Irwan ini membahas pengertian/definisi ilmu kalam, dasar-dasar Qur’ani ilmu kalam dan sejarah timbulnya ilmu kalam atau latar belakang munculnya ilmu kalam. Makalah ilmu kalam ini secara garis besar berisikan sebagai berikut :
BAB I
PENDAHULUAN
Batasan tentang ilmu kalam meliputi pengertian tentang ilmu kalam. Ilmu kalam sendiri membahas tentang segi-segi ketuhanan dan definisinya, oleh karena itu iasering disebut sebagai teologis, sekalipun sebenarnya tidak seluruhnya sama dengan pengertian teologis.
Tasawuf sendiri sebagai suatu ilmu yang mempelajari cara dan bagaimana seorang muslim berada dekat, sedekat mungkin dengan Allah. Tasawuf terbagi menjadi dua yaitu Tasawuf amali dan tasawuf falsafi. Setelah abad ke-6 terjadi percampuran antara filsafat dan ilmu kalam, sehingga ilmu kalam menelan filsafat seara mentah-menta dan dituangkan dalam berbagai bukti dengan nama tauhid.
BAB II
PENGERTIAN, DASAR-DASAR QUR’ANI DAN SEJARAH ILMU KALAM
A. Pengertian Ilmu Kalam dan Nama-Nama Ilmu Kalam
B. Sumber-Sumber Ilmu Kalam
C. Sejarah lahirnya Ilmu Kalam/Sejarah Munculnya Ilmu Kalam
Untuk lebih lengkapnya mengenai makalah ilmu kalam ini, sudah saya kumpulkan dalam satu file zip, bagi yang berminat silahkan download disini :

Download Makalah Ilmu Kalam – Pengertian Ilmu Kalam – Dasar Qur’ani Ilmu Kalam – Sejarah Timbulnya Ilmu Kalam

0 comment :

Reactions:  

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates