Saturday, 16 April 2011

BIOLOGI KELAS XI


  • BIOLOGI
  • SUSYANA, M.Pd.
  • SMAN 1 JALAKSANA
  • LATAR BELAKANG
     Biologi menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menapsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari
                Mata pelajaran biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kuantitatif dan kualitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya
  • TUJUAN
                Mata pelajaran biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
    1. Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
    2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
    3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
    4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
    5. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya sertamengembangkan
    6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia
    7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan
  • RUANG LINGKUP
                Mata pelajaran Biologi di SMA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek berikut :
    1. Hakikat biologi, keanekaragaman hayati, dan pengelompokan mahluk hidup, hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
    2. Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
    3. Proses yang terjadi pada pertumbuhan, proses metabolisme, heriditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
  • STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Kelas XI IPA Semester 1
  1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.1. Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2. Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan
1.3. Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis)
  1. Memahami keterkaitanantara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Salingtemas
2.1.  Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2.  Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkannya dengan fungsinya
  1. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
3.1.  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem gerak pada manusia
3.2. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah
Kelas XI IPA Semester 2
3.3.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan manusia dan hewan (misalnya burung)
3.5.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem eksresi manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
3.6.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf,endokrin dan pengindraan)
3.7.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.8.    Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit.

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR