Saturday, 16 April 2011

Biologi_Reproduksi Manusia

Reproduksi Manusia
Dari manakah asalmu ???
  Tubuh tersusun dari puluhan juta sel. Sel-sel ini membentuk tulang, kulit, otot dan bagian lain dari tubuh. Sel-sel ini juga menjaga agar tubuh tetap bekerja. Tapi kehidupan diawali dengan dua buah sel yang kecil, yakni sel telur dan sel sperma. Lalu keduanya bersatu dan tumbuh di dalam rahim ibu selama sembilan bulan, hingga tiba waktu melahirkan. 
Awal kehidupan
  Bayi terbentuk dari sel telur ibunya dan sel sperma ayahnya. Sel sperma termasuk salah satu sel terkecil. Sedangkan sel telur merupakan salah satu sel terbesar dalam tubuh manusia.  
Proses terjadinya bayi
  Hubungan kelamin terjadi jika seorang pria memasukkan penisnya ke dalam vagina wanita. Vagina akan menghasilkan cairan yg mempermudah proses ini. Klimaksnya akan terjadi kontraksi otot yg kuat pd alat-alat kelamin. Kontraksi otot dalm tuba pd tubuh pria akan menyemprotkan semen, cairan yg berisi sperma ke dalam vagina wanita.
  Sperma berenang ke dalam rahim wanita dan terus ke arah ovarium. Jika salah satu sel telur bertemu dan bergabung maka terjadilah proses fertilisasi/pembuahan. Telur yg bersatu dg sperma tersebut akan berkembang menjadi seorang bayi. Dan masa ini disebut masa kehamilan.
Sel Telur
  Alat kelamin wanita sebagian besar berada di dalam tubuhnya. Pembukaan alat kelamin ini di bagian luar disebut vulva, yaitu dua lapis kulit tebal yg melindungi klitoris. Klitoris adalah bagian depan vulva yg kecil dan sangat sensitif. Vulva menuju ke dalam dan disebut vagina lalu rahim. Dua buah tuba dari kandung peranakan menghubungkannya dengan ovarium yg menghasilkan telur.
  Sebulan sekali, sebuah telur dihasilkan dan keluar menuju rahim melalui saluran telur (Fallopian tube).
Sel Sperma
  Seorang laki-laki memiliki penis, yang kecil dan lunak,
tetapi dapat berubah menjadi besar dan keras jika
terangsang. Dibawah dan dibelakang penis, terdapat
sebuah kantung yg dinamakan buah zakar yg berisi dua
buah testis. Pada orang dewasa, dapat dihasilkan berjuta
sel sperma.
  Sperma bergerak melalui sebuah saluran dan keluar
melalui penisnya.
Di dalam rahim
  Telur yg sudah dibuahi akan membelah menjadi dua, lalu empat, kemudian delapan dan seterusnya sampai akhirnya membentuk sel berbentuk bola padat. Sel ini akan bergerak menuruni saluran telur menuju rahim ibu. Sel tersebut lalu menempel di dinding rahim dan mulai tumbuh menjadi bayi.
  Bayi ini akan terlindung oleh sebuah kantung yg berisi cairan. Ia mendapat makanan dan oksigen dari ibunya melalui jarinngan yg menghubungkan tubuh ibu dan bayi yg disebut plasenta.
Pertumbuhan bayi
  Pada usia 12 minggu dalam kandungan, walaupun ukuran embrio baru sekitar 8 cm panjangnya, bentuknya sudah terlihat seperti manusi yg sangat kecil. Barulah ia disebut janin. Jantungnya berdetak dan tubuhnya tumbuh menjadi besar dengan cepat. Bayi di dalam rahim juga tidur dan bangun. Ia bahkan bisa terceguk. Bayi bergerak di dalam rahim, kadang-kadang menendang ibunya dengan kaki mungilnya.
  Selama 9 bulan, seorang ibu mengandung bayinya.
Kelahiran
  Ketika seorang bayi telah siap untuk dilahirkan, hormon di dalam tubuh ibu akan mengirimkan sinyal ke otaknya yg kemudian memerintahkan otot-otot di rahim ibu untuk mulai berkontraksi.
  Perlahan leher rahim akan membesar sampai kira-kira 10 cm lebarnya. Posisi bayi akan terbalik, dengan kepala dibawah, untuk mendesak keluar dari tubuh ibunya. Kantung yg melindunginya akan pecah dan cairan keluar guna melumasi proses ini.
  Bayi yg baru dilahirkan biasanya akan segera menangis. Tangisan ini membantunya untuk memperoleh udara guna mengisi paru-parunya.
Laki-laki atau perempuan
  Jenis kelamin seorang bayi laki-laki atau perempuan ditentukan ketika sel telur dan sel sperma bergabung dengan sebuah telur pada saat pembuahan. Telur dan sperma berisi 23 kromosom, dan salah satu disebut kromosom kelamin. Ada dua macam kromosom kelamin X dan Y. Semua sel telur memiliki kromosom X, sedangkan kromosom sperma laki-laki memiliki kedua jenis kromosom ini.
Kembar
  Seorang ibu kadangkala melahirkan dua bayi secara bersamaan, atau kembar. Ada dua jenis kembar, yakni kembar identik dan kembar tak identik (fraternal).
  Kembar identik dihasilkan jika telur yg sudah dibuahi terbelah menjadi dua. Masing-masing bagian tumbuh menjadi individu. Kembar ini memiliki kromosom yg persis sama, sehingga mereka tampak serupa.
  Kembar tak identik terjadi jika dua buah sel telur dibuahi. Kembar ini memiliki kromosom yg berbeda dan tidak tampak serupa.
Menapaki kehidupan
  Pada awalnya, bayi melakukan sesuatu
berdasarkan instingnya, seperti menghisap dan
menelan air susu ibunya. It berarti bayi tidak harus
berpikir mengenai hal-hal yg ia lakukan. Tapi ia dg cepat belajar tentang lingkungannya. Mereka belajar untuk tersenyum, tertawa dan membuat suara-suara. Mereka jug belajar untuk mengontrol tubuhnya, jadi mereka dapat duduk dan akhirnya berjalan sendiri.  
Proses pertumbuhan
  Tubuh tumbuh hingga mencapai usia sekitar 18-20 tahun. Tubuh berkembang karena sel-sel didalamnya membelah dan membuat sel baru. Ada pula sejenis zat kimia khusus di dalam tubuh yg disebut hormon yg membuat kita tumbuh.   Ketika dalam proses pertumbuhan, tulang-tulng kita akan bertambah panjang dan kita bertambah tinggi. Otot juga akan bertambah kuat. Pertumbuhan yg cepat terutama terjadi pd dua tahun pertama dan juga pd waktu usia remaja.
Pertumbuhan anak laki-laki
  Pada usia antara 11-18 tahun, anak laki-laki tumbuh menjadi orang dewasa. Perubahan-perubahan terjadi di tubuhmu. Banyak perubahan yg ditujukan untuk mempersiapkan tubuhmu agar dapat menghasilkan anak suatu hari nanti. Perubahan ini dikontrol oleh hormon sek, yg mengalir di dalam darah.
  Hormon di tubuh anak laki-laki membuat rambut halus tumbuh di wajah dan tubuh mereka, dan testis mereka mulai menghasilkan sperma.
Pertumbuhan anak perempuan
  Hormon seks juga bekerja pd tubuh seorang perempuan, guna mempersiapkannya memiliki bayi. Payudaranya tumbuh, dan rambut-rambut halus tumbuh di bawah ketiak dan tubuh mereka. Pinggulnya menjadi lebih besar. Pd sekitar waktu inilah ia mulai mendapat menstruasi. Yakni sejumlah kecil sel darah keluar dari tubuhnya setiap bulan. Ini terjadi karena telur yg dihasilkan tidak dibuahi, sehingga rahim tidak perlu menahan telur tersebut. Karena itu ebagian dari dinding rahim lepas dan dikeluarkan tubuh.
Dewasa
  Pada usia sekitar 20 tahun atau lebih, tubuh tidak akan bertambah tinggi. Kita akan bertambah gemuk jika pola makn kita tidak diiringi olahraga yg cukup. Selama 30 tahun berikutnya, ukuran tubuh di bagian luar kurang lebih tidak berubah. Tapi di bagian dalam, sel-sel tubuhmu sibuk bekerja memperbaiki dan mengganti bagian yg sudah tua/aus. Ketika orang mencapai usia dewasa, sebagian besar mulai membentuk keluarga sendiri. Ketika orang mencapai usia sekitar 40-50 tahun, mereka dikatakan telah berusia paruh baya. 
Menjadi tua
  Ketika orang bertambah usia, tubuh mereka mulai berubah. Mereka jadi lebih mudah sakit karena sel tidak mampu lagi mengadakan perbaikan. Kulit akan mengerut dan mereka akan menjadi bungkuk. Tetapi, jika sebelumnya mereka pandai menjaga kesehatan diri dengan diet yg seimbang dan tetap sehat, mereka bisa bertahan dalam jangka waktu yg lama.

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR