Saturday, 21 May 2011

Sejarah Perkembangan Robot di Indonesia

Sejarah Perkembangan Robot di Indonesia. Robot merupakan mesin buatan manusia yang dirancang untuk melakukan tugas fisik. Di zaman sekarang ini dimana teknologi sedang berkembang pesat robot-robot dirancang untuk bisa membantu tugas-tugas manusia. Dengan bisa mengenal robot kita bisa mengetahui asalmula pembentukan dan penemuan robot. Di Indonesia robot sendiri telah dikenal luas oleh masyarakatnya. Bagaimanakah asal mula nama robot ? Dan bagaimanakah Perkembangan robot di Indonesia ? Penasaran ?

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

Klasifikasi Robot 
Sadar tak sadar robot telah masuk kepada kehidupan sehari-hari kita dalam berbagai bidang. Seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi elektronik, peran robot menjadi semakin penting tidak saja dibidang sains, tapi juga di berbagai bidang lainnya, seperti di bidang kedokteran, pertanian, bahkan militer. Kata 'robot' diambil dari bahasa Ceko (Chech) yang artinya 'pekerja' (worker).

Evolusi Robot di Indonesia
Sampai saat ini perkembangan robot di Indonesia tidak ada data yang dapat memberikan kesimpulan kapan, serta bagaimana asalmuasal robot masuk ke Indonesia. Tetapi, ini terbukti dari kemauan SDM (Sumber Daya Manusia) bangsa Indonesia dalam minatnya pada teknologi robot seperti 
dikembangkannya sejumlah laboratorium, seperti MEPPO (Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis) yang diprakarsai oleh BPPT bekerjasama dengan ITB, Industri strategis, serta LET (Laboratorium Elektronika Terapan) di LIPI. Awal tahun 80-an kebijakan nasional memberikan kesempatan kepada para peminat robot-robot di Indonesia ini.

Penggunaan dan Pemanfaatan robot di Indonesia

Saat ini banyak robot security yang dipakai untuk menjinakan bom-bom yang saat ini sedang marak terjadi dimana-mana. Cara kerja robot penjinak bom tersebut berjalan perlahan melintasi halaman dan menyelinap ke dalam rumah target Robot ini mampu mengambil gambar, video bahkan memindahkan benda. Dengan pergerakannya membopong kamera, robot ini memuluskan langkah polisi dalam membekuk orang yang bersembunyi dalam rumah di tengah ladang jagung yang berhawa dingin tersebut, yang diduga sebagai mastermind dari serangkaian tindakan terror yang terjadi di Indonesia selama satu dekade terakhir (termasuk terror bom yang terjadi di Hotel The Ritz-Carlton dan JW Marriott, kawasan Mega kuningan, Jakarta 17 Juli lalu)



@http://lintaszonabaca.blogspot.com

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR