Monday, 16 May 2011

Bangunan terbesar di dunia


Menurut rocketboom.com (klik di sini untuk melihat videonya):
Menara tertinggi di dunia adalah KVLY-TV Mast (628 m) di Blanchard, North Dakota, yang baru-baru ini dikalahkan oleh Burj Dubai (700 m) pada 7 April 2008 ketika pembangunannya mencapai ketinggian 688 m.
KVLY-TV MastBurj Dubai
Bangunan terbesar di dunia adalah Tropical Islands Resort di dalam bangunan di Halbe, Jerman. Merupakan bangunan berkubah terbesar di dunia.
Tropical Islands Resort
Bangunan berpenopang terbesar di dunia adalah The Venetian Macau (980 000 sq m), sebuah kasino di Macau, Cina.
Venetian Macau
Struktur terbesar menurut luas di dunia adalah Terminal 3 Bandar Udara Internasional Beijing, Cina dengan luas 1.3 juta meter persegi.
Terminal 3 Bandar Udara Internasional Beijing
Struktur terbesar menurut panjang di dunia adalah Terminal Bandar Udara Internasional Kansai di Osaka, Jepang sepanjang 1700 meter.
Terminal Bandar udara Internasional Kansai
Sayangnya, ini mengenai struktur, jadi struktur terpanjang di dunia adalah Tembok Besar Cina, salah satu keajaiban dunia dengan panjang 6400 kilometer dari Qinhuangdao di timur hingga Lop Nur di barat.
Tembok Besar Cina
Semuanya memang tak berarti, karena pemerintah Rusia baru-baru ini mengeluarkan sebuah rencana pembangunan ambisius, yaitu Crystal Island. Luasnya mencapai 2.5 juta meter persegi dan setinggi 450 m, bangunan ini dirancang oleh Norman Foster.
Crystal IslandCrystal Island aerial
Apa mungkin Indonesia memiliki bangunan besar seperti yang disebutkan di atas? Yah, mungkinJakarta Tower ataupun Sudirman Central Business District, itupun juga belum terealisasikan sepenuhnya. Bagaimana menurut Anda?

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR