Sabtu, 21 Mei 2011

Berkirim SMS Gratis Lewat Google


Meningkatnya biaya kebutuhan hidup membuat saya memutar otak untuk menekan pengeluaran sekecil mungkin (bahasanya lebay banget). Dan kali ini saya mencoba berbagi tips untuk berkirim SMS secara gratis ke operator seluler melalui layanan SMS Gmail.

Latar Belakang
Kemarin (19 Mei 2011) masa aktif pulsa saya habis. Saya menggunakan layanan IM3 yang banyak bonus SMS-nya tetapi masa aktifnya pelit, hanya 7 hari untuk 5ribu rupiah.

Pikir saya, daripada harus membeli pulsa lagi lebih baik saya mencari layanan SMS gratis yang sudah marak di Internet. Sebut saja seperti smskita, kirimsmsgratis, freesms4us, dan masih banyak lagi.
Tetapi setelah beberapa kali mencoba, ternyata cukup meragukan. Selain kekhawatiran saya akan tersebarnya nomor hp yang di inputkan, ternyata SMS juga tidak selalu sampai ke tujuan.

Mencari Alternatif

1. Yahoo Messenger (mengecewakan)
Saya teringat bahwa Yahoo Messenger juga dapat digunakan untuk berkirim SMS ke nomor handphone. Tetapi lagi-lagi hasilnya mengecewakan.
Kenapa? Ternyata nomor tujuan SMS tersebut minimal harus membalas SMS ke Yahoo Messenger minimal 1 kali setiap 3 sms yang kita kirimkan. Padahal, untuk mengirim SMS ke Yahoo Messenger tidak murah. Tarifnya berkisar antara Rp 300,- sampai Rp 500,-

2. Google SMS (BACA!)
Baru terpikirkan di benak saya,
"kalau Yahoo saja punya layanan SMS gratis, masa Google nggak punya?"
Dimulailah pencarian saya di google dengan kata kunci "Google SMS". Tadaa,, hasil pencarian paling atas langsung membawa saya ke www.google.com/mobile/sms/

Setelah membaca-baca petunjuk yang ada disana, langsung saya coba praktekkan.


Alat dan bahan
  • 1 Unit PC lengkap dengan sistem operasi dan browser yang memadai
  • Koneksi Internet
  • Akun Gmail

Langkah-langkahnya yaitu:
  1. Masuk ke akun Gmail
  2. Masuk ke menu Contacts pada sidebar kiri atas
  3. Klik Add to "My Contacts"
  4. Masukkan nama kontak yang ingin kita tambahkan, lalu klik add
  5. Klik nama kontak yang baru saja kita tambahkan
  6. Pada kolom mobile, masukkan nomor handphone tujuan lengkap dengan kode negara indonesia (+62). Contoh: +6281XXXXXXXXX
  7. Klik Save Now di pojok kanan atas/bawah
  8. Jika sudah, sorot nama kontak yang sudah ditambahkan tadi sehingga muncul tooltip.
  9. Klik tombol Send SMS
  10. Lalu akan tampak jendela kecil di kanan bawah. Disanalah kita dapat berkirim SMS ke operator seluler. Klik tanda panah untuk mengubahnya ke jendela Pop Up.



Operator yang mendukung
Sejauh percobaan saya, operator seluler Indonesia dibawah dapat dikirim SMS melalui Google SMS
  • Indosat
  • Telkomsel
    Mungkin yang lain bisa dicoba sendiri :D

    Update 20 Mei 2011: Ternyata memang baru dua operator tersebut yang sudah mendukung.
    (http://mail.google.com/support/bin/answer.py?hl=en&ctx=mail&answer=164876)

    Ketentuan kuota/batas SMS
    • Batas SMS adalah 50 SMS
    • Setiap kita mengirim satu SMS, maka kuota akan berkurang 1 SMS
    • Kuota akan bertambah 5 SMS setiap kita mendapat 1 balasan sms langsung ke Gmail kita (maksimal 50)
    • Jika tidak ada balasan, kuota akan kembali menjadi 50 SMS setelah 24 jam
    Tips: Jika kuota sudah habis, kirim saja sms ke nomor hanphone sendiri. Lalu balas sendiri sebanyak yang diinginkan agar kuota SMS kembali terisi.

    Kelebihan
    • Mengirim sms lebih cepat karena menggunakan mengetik keyboard qwerty yang nyaman.
    • Jempol tidak sakit seperti ketika ber SMS menggunakan SE K330 (punya saya) yang keypadnya kerasnya minta ampun
    • Kemungkinan SMS gagal sangat minim. Tidak seperti layanan SMS gratis yang abal-abal
    • GRATIS! (biaya internet tidak termasuk)
    Kekurangan
    • - (Belum tahu)

    0 comment:

    Posting Komentar