Minggu, 29 Mei 2011

Mengenal Internet dan Siasat Internet Murah

Pengertian Internet
INTERNET adalah jaringan komputer komputer yang ada di seluruh
dunia dan saling terhubung dengan jalur telpon kabel maupun satelit. Dalam hal ini komputer yang dahulunya standalone dapat berhubungan langsung dengan host-host atau komputer-komputer yang lainnya menggunakan Internet Protokol (IP). Komputer yang berhubungan dapat saling bertukar informasi dan jasa seperti email, chating, dll.

Internet memang bukan barang baru lagi bagi masyarakat kita. Namun pengguna internet di Indonesia ternyata masih terhitung sedikit. Hal ini karena karena pemahaman mengenai internet itu sendiri belum tersosialisasi dengan baik, tentu juga karena masih tingginya harga akses internet dan daya beli masyarakat yang rendah seringkali menjadi alasan masyarakat enggan menggunakan internet untuk aktivitas setiap hari.

Namun di bagian perkotaan kebutuhan menggunakan internet menjadi kebutuhan mutlak setiap hari, setiap perusahaan/institusi mau tidak mau harus menggunakan internet karena tuntutan bisnis. Perusahaan yang tidak menggunakan internet serasa mati perlahan-lahan karena arus informasi yang begitu deras.
Selain perusahaan, saat ini perguruan tinggi pun mulai menggunakan fasilitas internet, banyak fasilitas yang diberikan oleh perguruan tinggi, misalnya warnet kampus, internet gratis kampus hotspot, dll.

Dengan Internet membuat perusahaan/institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet) jika di dunia pendidikan mengarah ke e-learning. Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce/e-learning jika system backoffice MIS / ERP perusahaan/institusi belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya.
Dengan Membuat perusahaan/institusi menjadi semakin kompetitif dan menjadi pemimpin di dunia-nya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika dapat mengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu/konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implicit maupun eksplisit.



Kegunaan Internet
Internet dapat digunakan berbagai kebutuhan baik individu maupun organisasi antara lain:
1. Media Komunikasi: setiap individu maupun kelompok dapat melakukan komunikasi tanpa harus bertatap muka. Waktu yang digunakan untuk tatap muka dapat digunakan untuk kegiatan yang lain.
 Antar Individu
 Dalam kelompok
2. Media Informasi: internet dapat digunakan untuk pencarian informasi dan juga memberikan informasi kepada tanpa batas waktu dan tempat. Contoh misalkan internet digunakan untuk dakwah atau evanjelis. Setiap orang dapat mencari bagaimana cara membaca Kitab Suci, bagaimana memahami ayat-ayat suci, bagaimana cara menginstall Squid guard, dll.
 Pencarian Informasi
 Akses & Publikasi Informasi
3. Electronic Commerce: Mulai dari individu, kelompok sampai perusakaan besar mulai merambah ke e-commerce. Dengan internet semua orang dapat memasarkan/mempublikasikan apa yang ingin mereka jual. Dengan membuat situs sendiri misalnya www.unisbank.ac.id yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dapat digunakan untuk rekrutment, transaksi, dll.

Keunggulan Internet
 Dapat diakses dengan menggunakan berbagai macam komputer dengan interface aplikasi yang sama
 Hemat biaya SLI - SLJJ
 Komunikasi non-diskriminatif
 Tidak ada batasan jarak & waktu
 Komunikasi Kumulatif
 Multi Passwords Security

Fasilitas di Internet
E-mail (electronic mail)
 Alamat yg unik: bejosasongko@unisbank.ac.id
 Dikirim langsung ke tujuan
 Waktu kirim maksimal 2 menit
 Laporan rinci penolakan
 Tanpa perlu saluran Interlokal /internasional
 Dapat ditambah dgn attached file
 File dapat diubah/diedit sblm dikirim
 Sifat: satu orang ke satu orang lainnya.

WWW (World Wide Web)
 Mengubah atribut HTML menjadi tampilan grafis (bold)
 Memudahkan navigasi dgn hyperlink
 Menampilkan teks, grafik, photo, suara, efek 3-D, bahkan video clip.
 Mencari informasi dgn Search Engine (Yahoo, Lycos, AltaVista, Google dll)
 Alamat: http://www.unisbank.ac.id/

FTP (File Transfer Protocol)
 Mengkopi program jarak jauh
 Tersedia ratusan file gratis untuk dikopi (download) di Internet: download artikel, iso, template web.
 Memudahkan pengelolaan administrasi jarak jauh (virtual office)

Usenet / Newsgroup Mailing List
 Membicarakan hal-hal yg disukai bersama (programming, bisnis, budaya, marketing dll)
 Tersedia lebih puluhan ribu topik diskusi (misal yahoogroups)
 Dapat menampilkan grafik
 Tidak terikat untuk menjadi anggota dari suatu milis (subscribes/unsubscribes)

IRC (Internet Relay Chat)
 Radio era digital
 Membicarakan berbagai topik secara on-line di berbagai channel yg tersedia
 Dapat membuat channel komunikasi sendiri
 Landasan aplikasi Internet Phone

Perkembangan Internet
 Fax Server: Mengirim fax dari e-mail
 Intranet: Penggunaan teknologi Internet dalam jaringan Internet suatu institusi
 Internet Phone / Video Conferencing
 Pengembangan dari IRC
 Intercast (Internet Broadcast) (internet radio, Internet TV)
 Web. 2.0 (Blogger, Google Docs & Spreadsheets)

Internet Sharing:
Harga jalur internet di Indonesia saat ini masih jauh dari daya beli masyarakat pada umumnya. Hanya kalangan tertentu saja yang mampu membeli (misal perusahaan, institusi pendidikan). Bahkan kemungkinan harga sewa jalur internet Indonesia paling mahal di dunia.
Cara yang murah dan efisien untuk berinternet adalah sharing jalur internet. Cukup dengan menyewa satu jalur saja, lalu dibagi-bagi menjadi beberapa jalur lagi menggunakan swhitches hub. Dengan membagi jalur, maka biaya dapat ditanggung bersama.

Beberapa cara sharing internet adalah:

Warnet
Warung internet (warnet) saat ini menjamur dimana-mana,setiap orang berbondong-bondong membangun warnet. Dulu warnet menjadi primadona karena dapat meringankan pengguna internet dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan membeli jalur sendiri. Namun saat ini sudah tidak lagi menjadi jaminan, karena kasus hak cipta (produk microsof). Jika ingin menggunakan microsoft yang orisinil, maka harga yang harus ditanggung oleh penggunakan menjadi lebih tinggi. Ingin menggunakan free open source penggunakan belum terbiasa menggunakan software tersebut.


RT/RW net
RT/RW Net adalah suatu konsep jaringan, dimana bandwidth yang ditangkap oleh antene wavelan, kemudian disalurkan kepada tetangga di rumah lain berjarak kurang dari 100 meter.
Visi Jaringan RT/RW Net adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mendapatkan akses Internet yang mudah dan murah dengan cara swadaya.



Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggalang tetangga untuk ikut membangun RT-RW-Net, misalkan kita sudah mendapatkan 6 rumah untuk bergabung, karena enam rumah ini dapat diakomodasi oleh switch yaitu perangkat pembagi sinyal Internet yang terdiri dari 8 port. Jika sudah ada enam rumah yang akan disambung ke Internet, kita akan lebih mudah melakukan instalasinya.
Namun selain hub 8 port yang harus disediakan, satu komputer server sebagai proxy, dan juga menyediakan kabel UTP sepanjang jarak tetangga yang menginginkan jalur internet. Jarak tetangga semakin jauh maka kabel yang dibutuhkan semakin panjang. Yang perlu diingat adalah panjang kabel UTP maksimal 100M.

Misalkan harga sewa kelas office unlimited sekitar Rp. 800.000 (diambil dari salah satu penyedia layanan internet) , maka jika ditanggung oleh enam orang, maka setiap orang bisa membayar 200.000/bln yang digunakan selamat 24 jam.
Jika kita ke warnet dengan biaya Rp. 4.000/jam, jika menggunakan 2 jam sehari dalam 1 bulan biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 240.000,-. Jika dibandingkan maka terlihat sekali bahwa RT/RW net sangat murah. Beban tersebut akan sangat murah lagi jika jumlah pengguna semakin banyak.

Kos net
Hampir sama konsepnya seperti RT/RW net, kos net digunakan dalam satu rumah yang dihuni oleh anak-anak kost yang saling membutuhkan fasilitas internet. Koordinasi dalam satu rumah biasanya jauh lebih mudah.
Setiap kamar di tarik kabel UTP untuk mengambil jalur internet dari server. Server bisa dikelola oleh pemilik rumah atau salah satu penghuni kos.
Misalkan sewa kelas office unlimited sekitar Rp. 800.000/bulan, dan dalam satu rumah kost terdiri dari 10 orang. Maka beban yang harus ditanggung adalah Rp. 80.000/orang/bulan.

Penutup
Banyak sekali fasilitas yang diberikan oleh internet, seperti email, chating, website, ftp, mailinglist: yang kesemuanya itu dapat digunakan untuk mengembangkan organisasi/individu menjadi lebih efisien dan efektif.
Dengan internet dapat mempermudah melakukan komunikasi, promosi, mencari-cari berita, mencari artikel, download file, dll.
Dengan harga jalur internet yang masih mahal maka caranya adalah dengan melakukan sharing jalur. Dengan sharing beban biaya dapat ditanggung bersama sehingga menjadi lebih ringan.
Dan Semoga semakin lama semakin banyak pengguna internet di Indonesia dan juga semakin lama harga sewa bandwidth semakin murah. Sehingga penduduk kita semakin maju.
http://cakrawalamultimedia.com/wp/?page_id=7
http://www.telkomspeedy.com/new/main.php
http://www.virtual.co.id
http://direktif.web.id/arc/2005/01/rtrwnet
ridwansanjaya.blogspot.com/

0 comment:

Posting Komentar