Minggu, 01 Mei 2011

Apakah STATISTIKA itu?


Seringkali ada pertanyaan dari teman2 non-statistika: Apa seh statistika itu?Apa …aja yang dipelajari di kuliahmu?Ngitung rata-rata ya?…hehheh. Atau ada juga yang mengatakan,”Kamu jurusan “statitik” ya?(yg benar adalah statistika, krn ’statistika’ dan ’statistik’ itu berbeda arti lo. )
Pertanyaan itu wajar sekali muncul, karena memang statistika kurang begitu populer bila dibandingkan dengan kedokteran, teknik elektro,ilmu komputer,ilmu ekonomi,dll.Tapi, bukan berarti ilmu statistika itu gak penting lo. Ilmu pengetahuan belakangan ini mengalami ledakan perkembangan. Misalnya orang kedokteran bisa menemukan obat bagi suatu penyakit tertentu,orang teknik sipil bisa membuat jembatan yang kokoh dan megah,orang2 pemerintahan bisa memetakan kemakmuran penduduknya,dll. Tapi tau gak seh, gimana caranya seorang penemu obat bisa menentukan mana obat yang paling mujarab untuk suatu penyakit tertentu, atau seorang teknik sipil bisa tau mana campuran bahan yang paling bagus digunakan untuk membangun jembatan?Yup…mereka sebelumnya harus melakukan percobaan terlebih dahulu.Di dalam percobaan itu, mereka mengumpulkan data, kemudian melakukan analisis terhadap data serta menyimpulkan dan mengambil informasi yang berharga dari analisis data yg dilakukan. Nah, disinilah peran statistika.
kalo gak salah, seingat saya waktu kuliah, dosen saya pernah mengajarkan: Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara mengumpulkan data, mengolah data serta mengambil kesimpulan dari pengolahan data.
jadi, dengan begitu,statistika juga memiliki peranan penting dalam menyokong perkembangan ilmu pengetahuan lainnya. Itulah mungkin kenapa, statistika juga diajarkan di jurusan2, yg kelihatannya gak ada hubungannya dengan statistika.

0 comment :

Reactions:  

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates