Thursday, 31 March 2011

Sejarah_Dinasti Mongol


Dinasti MONGOL !

Kekaisaran Mongolia adalah kekaisaran kedua terbesar dalam sejarah dunia, hanya dikalahkan oleh Imperium Britania, menguasai sekitar 33 juta km² pada puncak kejayaannya, dengan perkiraan penduduk sebanyak di atas 100 juta orang dan menjadi yang paling kuat di antara semua kekaisaran abad pertengahan.
Dimasa daratan China dikuasai oleh Dinasti Jin (Utara) dan Song (Selatan). Jenghis Khan (memerintah 1206–1227) dan pasukan Mongolnya mulai menginvasi China melewati utara. 1211 Dinasti Jin hancur dan tunduk kepada mongol. Disini awal bangsa mongol untuk menginvasi wilayah di daratan asia lainnya, Jenghiskan mulai menginvasi Persia dan dinasti abasiyah
Di bawah kepemimpinan Ögedei Khan (memerintah1229–1241) anak ketiga dari JenghisKhan, Dinasti Jin dan Dinasti Xia Barat sepenuhnya ditaklukkan oleh tentara Mongol. Bangsa Mongol juga menginvasi Korea, Khalifah Abbasiyah di Timur Tengah, dan Kievan Rus' di Rusia. Mendengar Kematian Ogedei, pasukan mongol yang sudah mulai menginvasi eropa di tarik kembali. Peristiwa ini menguntungkan pihak eropa karena pasukan yang dipimpin oleh Henry dari Silesia dari gabungan Hungaria, Polandia, dan Jerman (Kekaisaran Suci Romawi) yang terdiri dari pasukan Teutonik terbantai tak bersisa dalam perang di Leignitz. Peristiwa kematian Ogedei menghentikan pasukan mongol untuk memperluas wilayahnya dan pihak eropa lebih memilih untuk membayar upeti
pasukan Mongol pimpinan Batu Khanlah yang menghajar hancur berantakan pasukan sekutu eropa dibawah pimpinan Henry the Pious, yang bergelar Duke of Silesia and the Grand Master of the Teutonic Order at Legnica
Setelah Ogedei meninggal, mongol terdiri dari beberapa penguasa (khan) yang menguasai wilayahnya masing masing. (Hulagu Khan daerah PERSIA, Kbilai Khan wilayah timur asia, Chagatai Khan wilayah Turkistan, Batu Khan daerah rusia dan kaukasus, Mongke sebagai pimpinan pasukan mongol. (Hulagu, Kubilai, dan Mongke adalah saudara dari ayah bernama Tolui Khan anak Jenghis Khan),
sebelumnya Batu Khan lebih dipilih untuk memimpin seluruh wilayah mongol tapi dia menolak, dan mimilih untuk meneruskan invasinya di eropa, dia adalah Khan terbesar waktu itu karena tidak pernah kalah dalam perang. dia adalah anak pertama dari Jochi yang anak pertama dari Genghis Khan. Setelah Batu Khan dan Sartaq (anaknya) meninggal maka Berke (adiknya) memimpin klan Golden Horte, tetapi tidak seperti kakaknya yang bertujuan menginvasi Eropa, Berke lebih memilih menghadapi Hulagu Khan. tetapi dia juga mengirimkan Jendralnya ke Polandia dan Lithuania. Kekuasaan Golden Horte sendiri lebih lama daripada kekuasaan Ill-Khanate milik Hulagu Khan serta dinasti Yuan milik Khbilai Khan)
Dimasa kepemimpinan mongke, Hulagu khan yang disebutkan seorang kristiani, meluluhlantakkan kota ilmu dunia BAGHDAD (1258) perpustakan, masjid, dan bangunan lain dihancurkaan, ratusan ribu orang tewas karena invasi ini, dan sungai tighris dan aravat diibaratkan menghitam dikarenan banyaknya buku yang dibuang oleh pasukan hulagu khan. Ketika mendengar kematian Morke saat menginvasi daerah cina Hulagu kembali ke mongol. Ketika kembali meneruskan invasinya ke mesir mereka dihadang oleh pasukan dari bani mameluk pimpinan baibars, komandan pasukan mongol kitbuqa dieksekusi perang ini terkenal dengan nama Aint jalut. Pasukan mongol yang membalas kekalahan dari bani mameluk dihadang oleh pasukan dari Berke Khan pimpinan mongol wilayah kaukasus yang sudah memeluk Islam yang tidak terima perbuatan keji yang dilakukan Hulagu di tanah Baghdad sehingga terjadilah perang saudara BERKE - HALUGU.
Berke dibantu oleh kesultanan Mamluk Mesir dan Hulagu dibantu pasukan teutonik Eropa.
Setelah kematian Mongke, Khublai khan menjadi khan yang baru. Setelah peperangan sporadis selama dua dasawarsa, tentara Kublai Khan berhasil menaklukkan dinasti Song pada tahun 1279. Dimulailah DINASTI YUAN yang didirikan oleh Khubilaikan dan mengesahkan dirinya sebagai kaisar China dan kaisar mongol. Seluruh daratan Cina berada dalam kekuasaan mongol. Kekaisaran Dinasti Yuan mencapai batas terluasnya saat di bawah kekuasaan Kublai Khan
Saat Mongke meninggal, Kubilai sangat berambisi menggantikan kakaknya. Maka dia menyusun sebuah rencana perebutan kekuasaan. Saat itu sbenarnya ada dua kandidat kuat yaitu Batu Khan dan Ariq Boke. (Batu Khan sendiri sebelumnya pernah kalah dalam pemilihan melawan Mongke.). Ariq Boke sendiri mendapat dukungan kuat dari kalangan kaum konservatif Mongol kala itu yang ada di ibukota Karakorum. Sedangkan Batu diakui reputasinya memimpin invasi di Eropa. Adapun rencana yg disusun Kubilai adalah melakukan serangan atas Ariq Boke dan merahasiakan kematian Mongke Khan kepada Batu Khan (dan juga Chagataid). Rencana ini didukung oleh Hulagu Khan.
Dan rencana Kublilai Khan berhasil dan dia menyatakan diri sebagai pemimpin Mongol yang baru.
Karena dianggap tidak sah status Kubilai Khan hanya diakui oleh Hulagu saja (yang mendirikan dinasti Ilkhan di Persia). Sejak saat itu Mongol terpecah menjadi empat dinasti, yaitu Yuan di Cina, Chagatai di Asia Tengah, Ilkhan di Persia dan Golden Horde di Eropa Timur.
Intrik politik tadi juga menjadi salah satu penyebab peperangan antara Hulagu dan Batu. Namun pada generasi Ilkhan yang selanjutnya (masa Teguder), dinasti Ilkhan memutuskan hubungan dengan dinasti Yuan dan berusaha memperbaiki hubungan dengan dinasti Golden Horde.
Dibawah kepemimpinan Khublai khan mongol mulai menaklukan kerajaan di asia tenggara(burma, vietnam, thailand, kamboja) dan asia timur(korea). hanya Jepang dan Jawa saja yang tidak bisa di taklukan bangsa mongol. Jepang dibantu oleh keadaan alam, hingga banyak pasukan mongol yang tewas dikarenakan Tsunami dan akhirnya membayar upeti, sedangkan di jawa, pasukan mongol yang tidak terima atas kematian utusannya yang dienggal oleh raja Singosari (Kertanegara) datang ke pulau jawa, tetapi kerajaan singosari sudah hancur dikalahkan kerjaan kediri. Pasukan yang bingung tersebut dimanfaatkan oleh Raden Wijaya untuk menyerang Kediri, Raja Jayakatwang dtangkap dan di eksekusi. Kemudian Raden Wijaya mendirikan Majapahit dan mengusir tentara mongol.
Sepeninggal Kbulai khan mongol mulai mengalami penurunan kualitas kepemimpinan, saling berebut dan pada akhirnya di masa kepemimpinan Toghan Temur, Mongol disingkirkan oleh kaisar Ming, maka pengaruh mereka di wilayah non-Tiongkok menjadi pupus sama sekali.
Kekaisaran Mongolia dipimpin oleh Khagan (Khan Agung keturunan Jenghis Khan) secara turun-temurun. Sesudah kematian Jenghis Khan, Kekaisaran Mongolia pada dasarnya terbagi menjadi empat bagian yaitu; Dinasti Yuan (Tiongkok), Ilkhanate (Persia), Chagatai Khanate (Asia Tengah), dan Golden Horde (Rusia). Semua wilayah pembagian itu dipimpin oleh keturunan Jenghis Khan.

penerus dari chagatai khanate adalah temur Temur, Timur Lenk, Taimur, yang beragama Islam mendirikan dinasti timurid dengan ibuka samarkand, uzbezkistan dia adalah cicit dari Karachar Nevian yaitu anak Jenghis Khan. Karachar merupakan pemeluk agama Islam pertama di antara kaumnya.

Setelah mengalami asimilasi mongol, turki, persian, arab seorang keturunan temur lenk bernama babur, yang berketurunan mongol (dari Ibu), Turki (dari Ayah) melakukan penaklukan atas samarkand, afghanistan, hingga mencapai utara India dan mendirikan dinasti Moghul (1526), yang menguasai India hingga berabad-abad.
Setelah kehancuran Dinasti Yuan di China, Kaisar Zhu Yuanzhang dari China mendirikan kerajaan Ming dan memerintahkan untuk mengadakan operasi balas dendam terhadap Mongolia. Ibukota Mongolia diratakan dengan tanah berserta seluruh harta karunnya. Setelah kerajaan Mongolia hancur, sejarah mencatat bahwa hanya dalam 1-2 generasi, rakyat China dan Eropa hilang hubungan dan tidak mengetahui sesamanya.
Kekaisaran Mongolia juga pernah berencana menyerang negara Eropa Barat, seperti Perancis, Romawi dan negara-negara Eropa lainnya. Ahli-ahli sejarah menyatakan jika bukan karena kematian Ogadai Khan, maka kemungkinan seluruh Eropa akan dikuasai dan sejarah Eropa akan berubah.
tambahan....
Chagatai Khanate akhirnya berubah menjadi kerajaan Timurid, Temur land/Timur Lenk sebagai rajanya..
Ill Khanate wilayah kekuasan Hulagu Khan
Golden Horte wilayah kekuasan Batu yang kemudian digantikan Berke
Dinasti Mameluk oleh Sultan Qutuz dan Sultan Baybars
Turki Seljuk dikuasai oleh dinasti turki seljuk.
(Turki Seljuk berbeda dengan ottoman. Ottoman adalah suatu wilayah yang didirikan oleh Osmani dan bukan bagian dari kesultanan seljuk. Osmani sendiri adalah ayah dari Murad I dan kakek dari Muhammad Al Fatih yang menaklukan Konstaninopel)
MAP kekuasaan Mongol 1206 - 1294



0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR