Friday, 17 June 2011

Review Kamen Rider Kiva


  "Wake Up,Break The Chain"
Kamen Rider Kiva  adalah judul dari Kamen Rider tahun 2008  yang diproduksi oleh Toei Company dan Ishimori Productions pertama kali mulai tanggal 27 Januari 2008, setelah Kamen Rider Den-O  selesai.Nama Kiva sendiri diambil dari nama King of Vampire atau dalam bahasa Jepang sendiri sering disebut taring.Dalam serial ini diceritakan dalam  2 massa yang berbeda .Pada tahun 2008 menceritakan perjalanan wataru kurenai sebagai Kiva melawan para fangire,Pada Tahun 1986 menceritakan awal mula keberadaan kiva dengan otoya sebagai tokoh sentralnya.

"Destiny Play"
 Sinopsis:
-1986-
1986 mengisahkan perjuangan ayah Wataru yang bernama Otoya Kurenai di usia yang sama dengan Wataru. Otoya adalah seorang pemain biola professional yang entah kenapa berhenti dari dunianya tersebut.Setelah mengalami beberapa peristiwa Otoya menjadi pemburu fangire nomor satu di organisasi yang diberi senjata terkuat, yaitu alat untuk dapat mengubahnya menjadi Kamen Rider IXA walau sebelumnya Otoya harus sering berebutan dengan Jiro yang juga saingan percintaanya. Dalam perjalanannya, dia ditemani rekannya seorang pemburu fangire bernama Yuri Asou dan sempat menjalin cinta dengannya.Sebelum mendapat hati Yuri,Otoya harus mati-matian berhadapan dengan seorang ras wolfen terakhir yang sangat membenci fangire karena telah menghabisi rasnya, dan menyukai Yuri karena dianggap satu-satunya manusia yang berhak untuk meneruskan keturunannya.Dan walau pada akhirnya Otoya dan jiro menjadi teman. Tetapi dengan seiringnya waktu Otoya berpaling dari Yuri dan mendapatkan perempuan yang diidam-idamkan sehingga menyeretnya dalam suatu masalah besar karena harus berhadapan dengan dark kiva,sebenarnya siapa wanita yang berhasil merebut hati Otoya sehinga Otoya berpaling dari Yuri,dan siapa wanita yang membuatnya harus berhadapan dengan dark kiva?????

-2008-

Mengisahkan seorang pemuda berusia 22 tahun bernama Wataru Kurenai yang memiliki kekuatan Kiva. Ia tidak tahu kenapa ia bisa memilikinya, dan hanya bergerak mengikuti insting jika fangire datang dengan panggilan bloody rose biola buatan ayahnya dan kemudian mengalahkan mereka.Pada awalnya Wataru adalah orang yang alergi pada dunia di selalu memakai masker dan pakaian lengkap sehingga banyak orang yang menyebut Obaketaruo tapi seiring dengan perkembangan waktu dan di bantu rekan-rekannya wataru mulai mau berbaur dengan masyarakat sekitarnya.Selain amat mengagumi ayahnya Wataru juga mengagumiKeisuke Nago seorang Bounty hunter yang terkenal dingin,sangat perfectsionist dan tidak mau terjadi kesalahan,apabila terjadi kesalahan yang dia lakukan,dia selalu menyalahkan orang lain,walau pada suatu saat dia sadar kalau setiap orang tidak sempurna. Selain itu Nago juga amat membenci Kiva karena menurutnya keberadaan kiva hanya sebagai musuh manusia.Nago juga seorang penerus kamen rider IXA.Wataru juga mempunyai orang yang dicintai,orang itu mempunyai sifat yang sama dengan wataru bernamaMio.Tapi dengan perkembangan jalan cerita mulai terungkap siapa sebenarnya Mio,Mio adalah Quen Fangire yang bertugas untuk menghukum para fangire yang mencintai manusia,selain itu terungkap juga teman pertama wataru yang bernama Taiga yang ternyata kakaknya sendiri walau beda ayah,sehingga  terungkap bahwa sebenarnya Wataru adalah setengah manusia dan setengah fangire .Mengetahui itu Wataru bersikap netral tanpa memihak siapapun.Sehingga Wataru menjadi incaran Aozora dan para Fangire karena menolak bekerja sama dengan salah satu dari mereka.Selain itu Wataru juga harus menerima kenyataan bahwa Mio harus menikah dengan kakaknya karena kedudukan kakaknya sebagai king.Padahal Mio dan Wataru saling mencintai.Apa yang harus dilakukan wataru??????    Mampukah dia menghentikan pertikaian antara manusia dan fangire???? 

"I've Kept On Figthing with the voice inside my hearth,to save what I wish to Protect"



Character:

-2008-
Wataru kurenai
Diperankan oleh Koji seto














Wataru pada awalnya alergi terhadap dunia akhirnya mau membaur dengan orang lain lewat bantuan teman-temannya dan seiringnya perkembangan cerita.Wataru pada awalnya mempunyai sifat pemalu,tidak bisa menolak permintaan orang lain dan kadang bersifat ceroboh,tapi dibalik itu Wataru adalah orang yang baik dan percaya kalau tidak semua fangire itu jahat.tapi setelah bertemu ayahnya dalam perjalanan waktu Wataru berubah menjadi sosok yang jantan dan kuat.


Shizuka Nomora 
Diperankan oleh Rina Koike













Teman dekat Wataru yang selalu membantu wataru apabila kesulitan dalam berbaur dengan orang lain.Shizuka juga sepertinya memendam rasa pada Wataru karena selalu cemburu jika ada wanita lain yang mendekati Wataru,tapi kadang perlakuannya yang keterlaluan menjadi boomerang sendiri bagi dirinya sehingga kadang Shizuka harus bersusah payah dalam menyelesaikan masalahnya.

Megumi Asou
Diperankan Oleh Nana Yanagisawa













Megumi adalah anak Yuri. Meski Yuri berkeinginan agar dirinya menjadi gadis normal, Megumi tetap masuk Aozora untuk meneruskan perjuangan ibunya. Ia memiliki sifat yang persis dengan Yuri, seperti nafsu makan besar dan phobia terhadap anjing. Di saat senggang, Megumi juga berprofesi sebagai model.


Keisuke Nago
Diperankan Oleh Keisuke Kato














Nago adalah pribadi yang sombong dan egois. Ia menganggap dirinya adalah yang paling benar dan paling kuat.Tetapi Nago mempunyai rasa keadilan yang tinggi sehingga dia tidak segan menangkap ayahnya sendiri.Nago sangat hobi mengoleksi kancing baju penjahat yang ia tangkap.Nago juga salah satu penerus Kamen Rider IXA

Mio Suzuki
Diperankan Oleh Yuria Haga
















Mio adalah pribadi yang pemalu dan kadang berbuat ceroboh mempunyai karakter seperti wataru.Saat mengetahui dirinya  adalah Queen yang baru awalnya Mio bimbang untuk melenyapkan fangire yang mencintai manusia karena rasanya cinta terhadap wataru  tapi saat mengetahui Wataru terdapat darah setengah fangire,Mio berubah menjadi sesosok Queen yang kejam.Mio sangat berharap bisa melakukan pernikahan dengan Wataru.

Taiga Nobori
Diperankan Oleh Shouma Yamamoto















Anak King 1986. Namun, ia diwarisi kekuatan Sagarc atau ular karena kekuatan Kiva malah diberikan ke adik tirinya oleh ibunya. Meski demikian, Taiga tidak membenci Wataru, ia lebih memilih untuk menjadikan Wataru sebagai tangan kanannya dalam memerintah kerajaan Fangire. Taiga mengenakan sarung tangan hitam di tangan kirinya untuk menutupi simbol King. Sesuai perkembangan zaman, sebagai King ia tidak menyerang manusia secara frontal. Ia kini berbaur dengan manusia dan memiliki sebuah perusahaan bernama D&P yang sebenarnya hanyalah kedok untuk menyembunyikan penelitian fangire demi menghentikan evolusi manusia.Tapi setelah kalah dengan kiva Taiga pura-pura membunuh ibunya dan menadapatkan kekuatan Dark Kiva.

-1986- 

Otoya Kurenai
Diperankan Oleh Kouhei Takeda
















Seorong pemain biola profesional yang berhenti karena suatu sebab. Otoya memiliki sifat mesum dan playboy yang mudah tertarik dengan wanita, akibatnya ia terus mengejar-mengejar dan merayu Yuri walau harus berhadapan dengan banyak misteri. Terlepas dari sifat-sifat buruknya, sebagai seorang maestro biola yang kerap melantunkan nada-nada lembut, Otoya juga memiliki pribadi yang lembut. Ia memiliki prinsip hidup bahwa setiap orang memiliki musik di hatinya, dan ia bertarung untuk melindungi musik itu.Otoya juga menjadi kunci penting dengan apa yang terjadi pada tahun 2008.

Yuri Asaou
Diperankan Oleh Yu Takahashi















Yuri memiliki nafsu makan yang besar, ia sanggup makan dengan porsi melebihi laki-laki. Ia juga suka hal-hal yang ekstrim. Yuri memiliki phobia terhadap anjing.Awalnya mula Yuri sangat risih jika melihat otoya yang selalu menempelnya dan menyukai Jiro karena lebih dewasa.Melihat keberanian Otoya saat menolong dari sergapan Jiro membukakan hati Yuri pada Otoya, tapi sayang saat Yuri menanyakan pernikahan pada Otoya,Otoya selalu mengelak karena ada sesuatu kekurangan pada Yuri yang membuat Otoya tidak bisa menikah dengannya.Karena itu Yuri memutuskan untuk berpisah dengan Otoya.


-1986 – 2008-

Jiro(Wolfman)
Diperankan Oleh Kenji Matsuda















Adalah ras manusia serigala. Mereka memiliki tanduk satu di keningnya dan tubuh mereka berwarna biru. Ras Wolfen telah dibantai oleh Rook dan menyisakan Jiro sebagai satu-satunya yang berhasil bertahan hidup.Jiro yang dendam pun bergabung dengan Aozora agar dapat membunuh fangire, khususnya Rook. Awalnya, ia hanya sekedar menjadi pelanggan tetap kafe Maid’amour kerena memang menggemari kopi. Di sanalah ia bertemu Yuri dan jatuh cinta padanya. Kemudian, dengan mendekatinya, ia menjadi tahu tentang Aozora.
Ramon(Merman)
Diperankan Oleh Yuuki Ogoe


















Adalah ras merman terakhir. Senjatanya berupa semburan air dari mulutnya. Sama seperti Jiro, Ramon adalah satu-satunya Merman yang selamat dari pembantaian rasnya. Meski aslinya berumur 127 tahun, Ramon berpenampilan seperti anak SMP. Ia sehari-harinya ia bekerja sebagai penyemir sepatu, sebelum akhirnya mengikuti Jiro ke kafe Maid’armour dan bekerja sebagai pelayan di sana membantu Master Kido. Bersama Jiro dan Riki, ia ikut bertarung melindungi Otoya. Di antara mereka bertiga, Ramon adalah yang paling lemah.

Rikki(Franken)
Diperankan Oleh Eiji Takigawa












Adalah ras seperti monster frankenstein, bertubuh besar, berwarna ungu, dan tempo bicaranya lambat. Ia lebih mengandalkan kekuatan tubuhnya yang besar dan gerakannya juga tidak selincah Wolfeb dan Merman. Riki adalah satu-satunya ras Franken yang masih tersisa. Sehari-harinya ia bekerja sebagai tukang pijat sebelum akhirnya mengikuti Jiro dan Ramon. Riki-lah yang memberitahu Otoya mengenai jatidiri Maya sebagai seorang Ratu Fangire.

Mamoru Shima
Diperankan oleh Kazuhiko Kanayama
















Shima sebenarnya adalah seorang jutawan yang duduk di kursi presiden Shima Foundation. Dengan uangnya itulah, ia membiayai seluruh kegiatan operasional para pemburu fangire. Sebagai bos, ialah yang memutuskan siapa saja yang berhak direkrut dan siapa yang berhak menjadi Kamen Rider IXA. Shima sangat akrab dengan pemilik Kafe Maid’armour yang sebaya dengannya. Mereka selalu bersaing soal berat badan.

Akira Kido(master)
Diperankan Oleh Houka Kinoshita












Pemilik kafe Maid’armour sangat menyukai pelanggan yang menyukai kopi dan penggemar berat Onyako,Kido selalu kalah apabila bertanding berat badan dengan Shima.

"That every human has their own music.I want save my own music and everyone own music"

Kamen Rider:
Kamen rider Kiva











 









Penggunanya adalah Wataru Kurenai. Dengan bantuan Kiva Bat 3rd wataru dapat berubah menjadi Kiva.Kiva  memiliki rekan bernama Garulu, Dogga, dan Bassha yang dapat bergabung dengannya dan menjadi senjata.
  
Garulu Form 



















Adalah wujud kiva dengan kekuatan arm monster dari ras wolven yang bernama Jiro. Dalam wujud ini, omnilens dan warna dasar tubuh kiva berubah menjadi biru.keistimewaan wujud ini mempunyai kecepatan yang cepat.

Basha form


















Adalah wujud Kiva dengan kekuatan arm monster dari ras Merman yang bernama Ramon. Dalam wujud ini, omnilens dan warna dasar tubuh Kiva berubah menjadi hijau. Keistimewaan wujud ini adalah Kiva menguasai pertempuran jarak jauh dan dapat menganalisis musuh untuk menemukan titik kelemahannya.tetapi mempunyai daya tempur yang lemah

 Dogga Form 



















Adalah wujud Kiva dengan kekuatan arm monster dari ras Franken yang bernama Riki. Dalam wujud ini, omnilens dan warna dasar tubuh Kiva berubah menjadi ungu. Keistimewaan wujud ini adalah daya tempurnya Kiva menjadi paling kuat tetapi kecepatannya menurun.

Dogabaki Form

 


















Singkatan dari Dogga-Garulu-Bassha-Kiva. Sesuai namanya, wujud ini terbentuk dari gabungan kekuatan keempatnya. Dalam wujud ini, lengan kiri Kiva berubah menjadi lengan Garulu, lengan kanannya berubah menjadi lengan Bassha, dan dadanya berubah menjadi dada Dogga. Wujud ini sangat kuat namun sangat berbahaya dan hanya boleh digunakan dalam waktu 5 menit untuk menghindari kekuatannya itu mengkonsumsi dirinya sendiri.

Emperor Form




























Dengan bantuan tatsulot si naga kecil wataru dapat berubah menjadi wujud emperor

 

Kamen Rider IXA






 

Kamen Rider  IXA adalah senjata utama yang dikembangkan oleh Organisasi Aozora sejak tahun 1986 untuk memerangi para Fangire. Seseorang bisa berubah menjadi Kamen Rider IXA dengan menggunakan Knuckle Belt. Pengguna pertamanya adalah Jiro, Lalu Otoya Kurenai sebagai pengguna tetap di tahun 1986, dan sesekali bergantian dengan Yuri Aso. Di tahun 2008, IXA sudah dimodifikasi menjadi lebih canggih dan mempunyai 3 bentuk (Save, Burst mode dan Rising). Pengguna tetap IXA adalah Nago Keisuke.Namun, sempat pula dipakai Megumi Aso untuk mengalahkan Rook, dan digunakan oleh Kengo Eritate karena beberapa kegagalan Nago.

Kamen Rider Saga

 

















Kamen Rider Saga penggunanya adalah Taiga Nobori. Taiga adalah anak dari King terdahulu dan menggantikan dirinya pada tahun 2008.



Kamen Rider Dark Kiva

 

































Kamen Rider Dark Kiva Perannya sebagai King di tahun 1986 yang memimpin dan membantu Fangire. Kamen Rider Dark Kiva bisa disebut juga Kivat-bat 2nd karena Dark Kiva adalah generasi ke-2 dari Kiva. Selain King, pengguna Dark Kiva ada dua orang lagi. Otoya pernah tiga kali berubah menjadi Dark Kiva untuk mengalahkan King, namun Kiva sendiri sebenarnya tidak boleh dipakai oleh manusia biasa (tidak punya darah fangire) karena bisa merusak tubuh dan akibatnya Otoya pun meninggal. Otoya menyerahkan kekuatan ini pada Maya untuk disimpan dan tidak digunakan lagi sampai Taiga terpaksa berpura-pura membunuh ibunya untuk mendapatkan kekuatan Dark Kiva. Kiva di tahun 2008 adalah Kiva-bat 3rd yang merupakan generasi ke-3, dimana kekuatan ini diberikan oleh Maya kepada anak keduanya hasil hubungan dengan Otoya, yaitu Wataru Kurenai. Tujuannya adalah untuk memerangi fangire yang bertindak jahat terhadap manusia.


"Return to live to God"



 Alat-alat yang digunakan Kiva:

Kiva Bat 3rd


Anak Kivat Bat 2nd. Kivat Bat 3rd menemani Wataru dan memberikannya kekuatan untuk berubah menjadi Kamen Rider Kiva, kekuatan yang seharusnya hanya dimiliki oleh Raja Fangire. Hal itu bisa terjadi karena Maya lebih memilih Wataru yang setengah fangire untuk diberi kekuatan Kiva daripada Taiga yang darah murni.

Tatsulot






Tatsulot adalah naga kecil berwarna emas yang selama ini tertidur dan bersembunyi di langit-langit Kastil Dran.Dengan kekuatan Tatsulot Kiva dapat berubah menjadi wujud emperor

Garulu Saber




 

 

Pedang yang berasal dari kekuatan Garulu dengan kekuatan penghancurnya Garulu Howling Slash

Bassha Magnum




 

 

 

Pistol yang berasal dari kekuatan basha.Sangat praktis buat melawan musuh dari jarak yang cukup jauh,Basha Magnum mempunya kekutan penghancur Bassha Aqua Tornado

Dogga Hammer

 

 

 

Palu besar yang besar yang berasal dari kekutan Dogga mempunyai daya hancur yang besar dengan jurus andalannya Dogga Thunder Slap

Pedang Zanbat

 



Adalah pedang yang dibuat dari batu iblis besar. Nama asli pedang ini adalah Imperial Blade. Zanvat adalah pedang yang hanya berhak disandang dan digunakan oleh Raja Fangire.Mula-mula saat Wataru menggunakannya darah Fangire yang ada dalam dirinya bangkit sehingga Wataru kehilangan kendali,Melihat itu Garulu,Basha dan Dogga mengubah diri mereka menjadi segel Zanbat bat agar pedang itu bisa digunakan.Tapi lama-kelamaan tanpa di segel Watarupun bisa menggunakannya.

 "From now,Only do What you realy want to do.Listen the voice in your hearth" 

Review:
  1. Cara pengambilan 2 waktu yang berbeda menjadi daya tarik tersendiri untuk serial kamen rider kiva karena penonton diajak mengutar otak dalam mengikuti cerita.
  2. Percintaan antara fangire dan manusia juga menjadi daya tarik serial ini,Mungkin Kamen rider Kiva juga cocok untuk kaum hawa karena porsi percintaannya juga cukup banyak dan para actor yang tampan mungkin bisa memikat para penonton hawa ,tapi menurut saya kamen rider Kiva kurang cocok untuk anak-anak karena ada istilah yang tentu belum bisa di pahami anak-anak.
  3. Akting  Kouhei Takeda sebagai Otoya kurenai setidaknya memberikan poin tersendiri saya untuk dia karena cara penggunaan kostum yang pas pada tahun 1986 dan aktingnya yang kocak memberikan warna tersendiri pada kamen rider kiva
  4. Ada beberapa bagian yang rancu dan janggal setidaknya bisa menjadi bahan koreksi tersendiri

1 comment:

 
×
ISUZU ELF NMR