Sunday, 2 June 2013

Mengenal Turbo Pascal

1. MENGENAL TURBO PASCAL
Pemrograman komputer pada dasarnya adalah proses merancang dan membuat urutan instruksi untuk menyelesaikan suatu masalah yang diimplementasikan ke dalam komputer.  Karena yang menjalankan instuksi itu adalah komputer maka instruksi harus dinyatakan dalam bahasa yang “dimengerti” oleh komputer, yaitu bahasa mesin (assembly language) atau dikenal juga dengan bahasa pemrograman tingkat rendah. Bahasa mesin ini menggunakan simbol 0 (on) dan 1 (off) untuk dalam mendefinisikan instruksinya. 
Menerjemahkan instruksi ke dalam simbol 0 dan 1 merupakan pekerjaan yang rumit. Itu sebabnya manusia kemudian merancang sistem pemberian instruksi dengan cara yang lebih mudah digunakan, yang dikenal dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Ada banyak bahasa pemrograman yang telah dibuat, namun tidak semuana bertahan dan digunakan secara luas. Sekurangnya ada dua keuntungan pemberian instruksi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi ini. Pertama, manusia lebih mudah dalam pemberian instruksi karena bahasa ini relatif dekat dengan bahasa manusia. Yang kedua, sebagai alat penerjemah instruksi manusia ke dalam bahasa mesin.
Ada dua tipe bahasa pemrograman penerjemah ini : interpreter dan compiler. Interpreter adalah mesin penerjemah yang bekerja dengan menerjemahkan dan mengeksekusi perintahnya satu demi satu. Contohnya bahasa pemrograman Basic. Compiler adalah mesin penerjemah yang semua perintahnya diterjemahkan dulu sebelum dieksekusi. Contohnya : bahasa Pascal, Fortran, C, C++, Cobol, Java, dll. 

1.1. Langkah-Langkah Membuat Program
Agar anda dapat menghasilkan program dengan tepat, cepat, dan efisien anda perlu merencanakan langkah-langkah dalam membuat program. Tentu saja tidak ada keharusan mengerjakan petunjuk di bawah ini, tetapi bagi pemula langkah-langkah di bawah ini akan sangat membantu bukan saja menguasai bahasa pemrograman tetapi juga terampil dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang sukar. Berikut langkah-langkah dalam membuat program.
a. Pahami masalahnya. 
Banyak orang yang menyepelekan persoalan ini. Pengalaman saya mengajar mata kuliah pemrograman, banyak mahasiswa yang begitu diberi soal langsung saja mengetikkannya di komputer sebelum memahami betul maksud soalnya. Memahami masalah artinya mengerti apa yang yang hendak dicari, masukan yang dibutuhkan, keluarannya bagaimana, seperti apa tampilan yang diinginkan. Ketidakpahaman terhadap masalah cenderung membuat kita mengetik tanpa arah sehingga kerja menjadi tidak efisien
b. Merancang algoritma
Layaknya sebuah karangan, algoritma adalah kerangka berpikir kita dalam membuat program. Algoritma adalah penuntun kita dalam membuat program. Untuk program-program sederhana algoritma mungkin tidak terlalu penting, tetapi untuk perkara kompleks algoritma akan sangat membantu dalam membimbing kita menghasilkan program yang efisien. Bagi mereka yang hendak mendalami dunia pemrograman, memahami algoritma merupakan suatu hal yang penting.
c. Menulis program
Bila algoritma telah tersedia, penulisan kode program biasanya menjadi lebih mudah. Untuk bisa menulis program dibutuhkan pengetahuan terhadap bahasa pemrograman. Tidak seperti algoritma yang fleksibel dalam penulisan perintah-perintahnya, perintah dalam program komputer harus ditulis dengan ketelitian 100%, artinya kesalahan sedikit saja, misalnya kesalahan titik koma, sudah cukup membuat program tidak dapat dijalankan.
d. Menguji program
Seringkali para pemrogram pemula menyangka bahwa setiap kali program berhasil dieksekusi berarti persoalan selesai. Mereka sering mengabaikan dan mengecek apakah keluaran yang dihasilkan sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Setiap kali program selesai ditulis, pemrogram harus memastikan bahwa keluaran yang dihasilkan sudah sesuai dengan yang seharusnya.
1.2. Mengenal Turbo Pascal For Windows
Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan umum. Bahasa ini diciptakan oleh Profesor Niclaus Wirth dari Technical University Zurich, Swiss. Nama Pascal sendiri diambil dari nama matematikawan dan filsuf terkenal abad ke-17 dari Perancis, Blaise Pascal. Profesor Niklaus menggunakan bahasa ini pertama kalinya pada komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) pada tahun 1971.
Ada banyak versi bahasa pemrograman Pascal. Salah satunya adalah Turbo Pascal For Windows (TPW) yang dikeluarkan Borland International, Inc. Perangkat lunak ini merupakan pengembangan dari Turbo Pascal versi DOS sebelumnya. Secara sederhana dapat kita katakan TPW (Turbo Pascal for Windows) merupakan program berbahasa Pascal yang bisa langsung digunakan dalam sistem operasi Windows, tidak seperti Turbo Pascal yang sebelumnya yang mengharuskan penggunanya masuk dulu ke dalam sistem operasi DOS sebelum mengaktifkannya. Selain itu, kelebihan TPW dibanding Turbo Pascal versi sebelumnya diantaranya perintah-perintah yang lebih disederhanakan, penggunaan mouse yang lebih luas, jumlah fungsi dan prosedur yang lebih banyak, dll.   

Gambar 3 1 Jendela Editor Turbo Pascal for Windows
1.3. Struktur Pemrograman Pascal 
Secara umum penulisan program dalam bahasa Pascal terdiri dari beberapa bagian : 
a. Nama program
Format penulisan : 
program NamaProgram;
Penulisan nama program bersifat opsional artinya boleh ditulis, boleh juga tidak 
b. Deklarasi 
Merupakan bagian untuk mendefinisikan pengenal yang akan digunakan di dalam program. Pengenal ini dapat berupa unit, variabel, konstanta, procedure, fungsi, array, record, pointer, label.
c. Badan program. 
Merupakan bagian untuk menulis langkah-langkah pemecahan masalah. Setiap penulisan perintah selalu dimulai dengan kata begin dan diakhiri dengan end. (diakhiri dengan titik).
Berikut ini adalah bentuk umum struktur penulisan program dalam Turbo Pascal

Program NamaProgram;

Deklarasi (variabel, konstanta, fungsi,prosedur, dll)

Begin
Perintah1
Perintah2
......dst
End.
1.4. Contoh Program Sederhana
Langkah terbaik untuk belajar pemrograman komputer adalah memulainya dengan pekerjaan-pekerjaan sederhana. Seringkali para pemrogram pemula mengabaikan hal ini dan terlalu bersemangat untuk mengerjakan program-program yang sulit. Cara seperti ini tidak baik, karena ketika berhadapan dengan error pemula tersebut akan sulit melacak dan mengenali kesalahan programnya. Sebagai permulaan, coba ketikkan program berikut ini pada jendela editor Turbo Pascal.


Program 3 1 

program ApaKabar;                  
{Program ini menampilkan tulisan “Halo, Apa Kabar” ke piranti keluaran / monitor}

uses wincrt;

begin
    writeln('Halo, Apa Kabar ?');                      
end.
Kemudian lakukan proses kompilasi dengan mengklik menu compile > compile atau tekan alt+F-9. Kompilasi adalah proses penerjemahan bahasa Pascal ke dalam bahasa mesin sehingga “dimengerti” oleh komputer. Jika kompilasi sukses, klik menu Run > Run atau ctrl+F-9. Jika yang muncul adalah pesan kesalahan (tercetak di bagian bawah jendela), cek lagi program tersebut, lalu ulangi proses di atas. Ingat kesalahan kecil saja, misalnya terlupa titik atau kesalahan ejaan, sudah cukup membuat program tidak jalan. Jika yang telah ditulis benar semua maka akan muncul tampilan seperti berikut.
Halo, Apa Kabar?
Sebenarnya apa arti dari sekumpulan perintah yang ditulis tadi? Untuk jelasnya mari kita kenali perintah-perintah tersebut satu demi satu.
1. program ApaKabar;
Pernyataan ini adalah pernyataan judul program. Penulisan judul ini dimulai dengan kata “program” kemudian diikuti dengan nama program “ApaKabar”. Akhir perintah ditutup dengan titik koma (;). Setiap judul program dapat ditulis dengan abjad saja, atau gabungan abjad dan angka, dengan catatan karakter pertamanya harus merupakan huruf. Selain itu, pada judul tidak boleh ada spasi kosong, sehingga jika ada dua kata dalam judul tersebut sebaiknya ditulis bersambung saja atau ditulis dengan menambahkan garis bawah di antara dua buah kata. Misalnya, jangan menulis nama program Uji Coba, tetapi tulislah UjiCoba atau Uji_Coba.
2. {Program ini menampilkan tulisan “Halo, Apa Kabar” ke piranti keluaran / monitor}
Sebenarnya pernyataan di atas merupakan kalimat penjelasan atau komentar, bukan perintah yang akan diproses oleh komputer. Sifatnya optional, artinya boleh ditulis, boleh juga tidak. Komentar ini merupakan informasi singkat yang ditulis untuk memudahkan bagi pemrogram atau siapa untuk memahami program yang dibuat. Setiap pernyataan yang diapit oleh simbol kurung kurawal  “{}“ dan  akan dipandang sebagai penjelasan dan tidak akan diproses oleh komputer.
3. uses wincrt;
“Uses wincrt” adalah salah satu unit yang berisikan perintah-perintah standar dalam Turbo Pascal for Windows (TPW). Tanpa deklarasi unit ini maka perintah-perintah standar dalam TPW seperti  write, readln, gotoxy, clrscr, dll tidak dapat diakses.
4. begin
Pernyataan ini adalah pernyataan awal program. Setiap awal program harus selalu dimulai dengan begin tanpa diakhiri dengan (;)
5. writeln(‘Halo, Apa Kabar ?’);
Ini ada perintah  untuk menuliskan (menampilkan) keluaran berupa tulisan Halo, Apa Kabar ? pada layar monitor. Perhatikan, nilai string yang hendak ditampilkan, yaitu tulisan Halo, Apa Kabar ? harus diapit oleh dua tanda kurung dan dua tanda kutip, kemudian diakhiri dengan titik koma (;). Perlu diingat, bahwa setiap perintah harus selalu diakhiri dengan (;)

6. end.
Akhir program selalu ditutup dengan perintah “end” yang diikuti tanda titik (.)
Jika kita ingin menambahkan sehingga tulisannya menjadi seperti berikut ini :
Halo, Apa Kabar?
Selamat Datang di Jurusan Teknik Komputer Unikom
Maka kita tinggal menambahkan satu perintah lagi pada Program 3 1 menjadi seperti berikut ini : 
Program 3 2
program ApaKabar;
{Program ini menampilkan tulisan “Halo, Apa Kabar” pada piranti keluaran}

uses wincrt;

begin
    writeln( ‘Halo, Apa Kabar ?’);
    writeln( ‘Selamat Datang Di Jurusan Teknik Komputer’);
end.
1.5. Praktikum
1. Buatlah program dengan output seperti di bawah ini.
     UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
    Jl Dipati Ukur 112-114, Bandung
     -------------------------------------------------------
Nama : Oemar Bakri
NIM : 10205088
Jurusan : Teknik Komputer   
Fakultas : Teknik dan Ilmu Komputer
     --------------------------------------------
Untuk Mendownload Materi ini, klik Disini

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR