Friday, 15 June 2012

Janne Da Arc

Janne Da Arc
Janne Da Arc
Vokal               : Yasu
Gitar                 : You
Bass                 : Ka-yu
Drum                : Shuji
Keyboard         : Kiyo
Mengenai band yang satu ini diriku kenal pertama pas SMA, waktu itu kaka’ku pulang dari Bandung membawa harddisk-nya yang berisi berbagai lagu atau video clip band2 jepang. Nah salah satu yang kutonton adalah video clip Shining Ray tapi versi parodi, wah pokoknya clip-nya kacau lah. Diriku sudah merasa kalau posisinya salah. Benar saja setelah melihat video clip Shining Ray yang asli memang posisinya ditukar. Yang tadinya vocal malah main bass, bass ke drum, drum ke vocal, gitar ke keyboard dan keyboard ke gitas. Konyol abiz dah tuh video. Kukira Janne Da Arc hanya band beraliran J-Rock biasa, namus setelah melihat dan mendengar beberapa video clip lainnya, ternyata bisa kubilang kalau Janne Da Arc ini masuk kategori progressive rock, ya nyenggol2 Dram Teather gitu. Diperkuat lagi dengan video saat Janne Da Arc untuk gigi tiap pemain, endingnya mereka memainkan satu instrument yang kudengar mirip Majesty (Ytse Jam) dari Dream Teather namun tetep dengan khas merekas sendiri, terutama permainan meoly gitar yang nada-nya biasa kusebut sebagai nada yang cerah2 gitu.
Kenyataanya malah diriku tak memiliki satupun mp3 dari lagu2 Janne Da Arc, diriku hanya punya video clip yang kudapat dari kaka’ku. Dan beberapa yang kusuka adalah Mysterious, Neo Venus, dan Will ~chizu ni nai basho~ yang masing2 kupunya dalam format DVD (.vob), lalu Furimukeba dalam format .wmv, Freedom dan Gekkouka (Gekkou Hana) dalam format .mpeg, Destination, Heaven, Love Is Here serta Shining Ray (Parody Version) dalam format .mpg.
Ciri khas dari Janne Da Arc dari sudut pandangku ada di formasi 5 personil yang mirip posisi Dream Teather dan lagu2nya juga sering memasukkan unsur progressive. Style dari sang vokalis yang atraktif, permainan gitar dan keyboard dengan skill tinggi dan sering mengambil nada2 cerah. Pemain bass dalam beberapa lagu memainkan teknik slap. Sang drummer yang sering memainkan pola yang cukup rumit. Hebat banget lah pokoknya Janne Da Arc.
Beberapa saat yang lalu diriku sempet download mp3 dari lagu2 favoritku, dan setelah itu langsung tak upload lagi. Nah kalau mau silahkan download aja lewat link dibawah ini :
Berhubung info yang kutahu tidak cukup banyak daripada menyesatkan kusudahi dulua aja ah tulisan ini ^^. Kalau mau tahu lebih banyak silahkan baca dari website berikut :


1 comment:

  1. Band ini keren bgt.hhe. Salam knal gw Robert gitaris dari band Floating Material , kami covering lagu2 JDA dan suka main d Indo J-event ...

    ReplyDelete

 
×
ISUZU ELF NMR