Wednesday, 22 May 2013

Blog Dalam Dunia Bisnis


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, saya bisa menyusun dan menyajikan proposal yang berisi tentang Blog dalam Dunia Bisnis sebagai salah satu tugas kuliah Metode Penelitian. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Yayan selaku dosen mata kuliah Metode Penelitian yang telah memberikan bimbingannya kepada penulis dalam proses penyusunan makalah ini. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dan motivasi.
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna menyempurnakan makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun makalah-makalah atau tugas-tugas selanjutnya.
            Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis.


KuninganApril 2013



Penulis


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR .............................................................................   
DAFTAR ISI .............................................................................................  
BAB I      PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang ....................................................................  
1.2     Rumusan Masalah................................................................     
1.3     Tujuan ..................................................................................   
1.4     Manfaat ...............................................................................   
1.5     Pembahasan .........................................................................  
BAB II    KAJIAN TEORI  .....................................................................   
BAB III   PEMBAHASAN
3.1 Definisi Blog ........................................................................  
3.2 Penggunaan Blog ..................................................................  
3.3 Manfaat Blog dalam Dunia Bisnis .......................................    
BAB IV   KESIMPULAN DAN SARAN
A.       Kesimpulan...........................................................................  
B.       Saran.....................................................................................  

DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Zaman sekarang, kebutuhan manusia dalam akses data semakin meningkat, ini disebabkan adanya pola pergeseran hidup manusia ke arah yang lebih berkembang. Dengan pemanfaatan komputer hal ini dapat terfasilitasi dengan cepat. Akibatnya akan terjadi keefisiensian waktu, biaya dan resource, sehingga akan menghasikan output yang optimal. Disisi lain kebutuhan akan akses data itu terhalangi oleh adanya jarak dan waktu, terkadang kita membutuhkan akses informasi saudara kita yang berada di negara yang berbeda.
Dan semua itu akan dicapai dengan lebih mudah dengan menggunakan Internet. Misalkan ketika kita menginginkan informasi yang telah lalu. Internet dan World Wide Web (WWW) sangat populer di seluruh dunia. Banyak masyarakat yang membutuhkan aplikasi yang berbasis Internet, seperti E-Mail dan akses Web melalui internet. Sehingga makin banyak aplikasi bisnis yang berkembang berjalan di atas internet.
Internet sangat berpengaruh terhadap kehidupan dunia saat ini. Mempengaruhi segala aspek kehidupan dari mulai Pendidikan, keuangan dan Bisnis. Dalam hal Bisnis, internet sudah mulai berperan penting dengan penggunaan Blog sebagai media pemasaran.
     
1.2  Rumusan Masalah
Untuk memperjelas masalah yang akan diteliti maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
A.    Apa itu Blog
B.     Bagaimana penggunaan Blog dalam dunia Bisnis
C.     Apa manfaat Blog Bagi dunia Bisnis



1.3  Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
A.    Dapat mengetahui definisi tentang Blog
B.     Dapat mengetahui penggunaan Blog dalam dunia Bisnis
C.     Dapat mengetaui manfaat Blog bagi dunia Bisnis

1.4   Manfaat Penelitian
Dengan tercapainya tujuan dari penelitian ini maka diharapkan dapat memberikan manfaat :
A.    Mengetahui definisi tentang Blog
B.     Mengetahui penggunaan Blog dalam dunia Bisnis
C.     Mengetaui manfaat Blog bagi dunia Bisnis

1.5  Pembatasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan masalah diatas namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah manfaat Blog dalam dunia Bisnis.








BAB II
KAJIAN TEORI
2.1  Pengertian Blog dan Blogger
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.
Blogger adalah pemilik blog atau pengarang isi blog.

2.2 Pengertian Bisnis
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melkakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

2.3 Pengertian Internet
Internet atau interconnection-networking adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite yang disingkat dengan TCP/IP yang berguna untuk melayani seluruh pengguna di seluruh dunia.





2.4 Pengertian Afiliasi
Dalam pengertian Bahasa Indonesia yang disempurnakan, afiliasi yang merupakan saduran dari kata “affiliation” (Bahasa Inggris), adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri.  Secara singkat, afiliasi juga bisa diartikan “anggota” atau “cabang”.
Namun dalam terminologi bisnis online, pengertian afiliasi mengalami sedikit penambahan makna. Afiliasi adalah “cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual”. Di luar negeri, pengertian afiliasi memiliki kedekatan  dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.

2.5 Pengertian Visibilitas
Keadaan dapat dilihat dan diamati (terutama untuk keadaan cuaca, bendanya dapat dilihat dng jelas pd jarak jauh); kejelasan.
2.6 Pengertian Domain
wilayah; daerah; ranah
2.7 Pengertian Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
2.8 Pengertian SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Yang secara arti kata adalah sebuah proses yang dilakukan oleh pemilik website agar websitenya bisa optimal di search engine, sehingga website tersebut bisa masuk di urutan atas di hasil pencarian search engine dengan kata kunci tertentu.



BAB III
PEMBAHASAN

A.    Definisi Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

B.     Penggunaan Blog dalam Dunia Bisnis
Memiliki blog bisnis dapat memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis kecil dengan anggaran pemasaran yang ketat. Jika Anda tidak memiliki web merancang tahu-bagaimana, blog merupakan alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan.
Anda dapat menawarkan petunjuk membantu dan mempromosikan produk Anda sendiri, meng-upload video instruksional atau demonstrasi pada blog Anda. Anda dapat membangun basis pelanggan menggunakan blog Anda, dan menghasilkan lead dengan memberitahukan pengikut Anda bila Anda memiliki hingga konten baru. Google Blogger memungkinkan untuk Google AdWords untuk posting iklan pada produk atau jasa terkait dalam ruang blog Anda, memberikan anda pilihan penghasilan pasif melalui pemasaran afiliasi.


C.    Manfaat Blog

A.    Manfaat penting blogging untuk bisnis pemasaran

1.      Rendah biaya internet alat pemasaran
Membuka rekening blogging di Blogger atau Wordpress adalah gratis dan Anda memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk mengatur semua dalam beberapa jam. Namun, penting untuk host blog Anda sendiri bahkan jika Anda menggunakan perangkat lunak blogging gratis. Mendaftarkan nama domain Anda sendiri dan memiliki blog Anda pada ruang server Anda sendiri memberikan visibilitas yang lebih baik dalam peringkat mesin pencari.

2.      Drive lalu lintas web ke situs bisnis Anda
Bila Anda memiliki sebuah blog dan berikut biasa itu adalah seperti memiliki situs web lain, tetapi dengan fungsionalitas yang lebih rendah. Blog Anda akan bergantung pada artikel SEO, gambar, atau video. Pengikut Anda dapat diarahkan ke website bisnis Anda jika Anda memiliki satu, dengan tujuan mengubah bunga atau mengarah ke penjualan.

Buatlah daftar kata kunci untuk SEO ceruk pasar Anda dan basis artikel Anda dan video pada kata kunci tersebut. Hal ini akan mendorong kedua pencarian alami dan dibayar ke blog Anda. Sertakan URL blog Anda di profil sosial Anda situs jejaring mendorong teman-teman atau penggemar untuk mengikuti blog bisnis Anda. Ini akan mengarahkan lalu lintas jika Anda memiliki reputasi untuk informasi yang besar atau keahlian dalam niche yang Anda pilih.

3.      Membangun produk atau brand image
Anda bisa membangun merek Anda imageusing blog Anda. Orang membaca blog Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan - tambahkan widget bisnis Anda atau tombol untuk blog Anda. Menulis deskripsi produk atau posting infomercial.

4.      Menjaga dialog pelanggan
Blog adalah interaktif, yang berarti bahwa pembaca Anda dapat berinteraksi dengan Anda melalui komentar dan pertanyaan diposting di blog (yang dapat dimoderasi). Ini adalah kesempatan Anda untuk menimbang pendapat pelanggan, saran, dan komentar.

5.      Keuntungan pelanggan baru
Beberapa pengikut dapat merekomendasikan blog Anda kepada orang lain membawa Anda prospek bisnis baru.
6.      Jaringan dengan bisnis serupa lainnya
Semua bisnis berjalan di jaringan internal dan eksternal. Menjaga dengan blog yang sama dan artikel mereka dapat memberikan Anda kesempatan untuk mengomentari artikel mereka sambil menambahkan nilai kepada mereka menyajikan pengetahuan Anda pada subjek. Seorang pembaca yang tertarik di blog mereka bisa mengklik-melalui dengan Anda untuk membaca lebih lanjut! Jenis klik-through bebas dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda.

7.      Public relations stopkontak Besar
Dalam kasus ini, bisnis Anda berjalan ke beberapa pers buruk blog Anda bisa menjadi kesempatan Anda untuk menunjukkan bersih. Anda dapat membuat berdiri Anda jelas atau tantangan opini publik. Sebagai pembaca reguler menyadari siapa Anda dan tahu Anda dari interaksi online biasa, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menggalang dukungan melalui cara virus.

B.     Manfaat Blog Bagi Perusahaan
Kemudian, selain manfaat bagi kalangan pribadi, ternyata banyak juga manfaat blog bagi Perusahaan, baik PT besar, Sedang, Kecil, maupun UKM.
Blog bagi perusahaan sebenarnya bukanlah sebuah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Namun demikian, penggunaan blog bagi perusahaan saat ini mungkin menjadi sesuatu yang wajib. Kita tahu banyak perusahaan besar seperti Microsoft, Google, dan CNN semuanya memiliki blog.
Lalu apa manfaat blog bagi perusahaan? Salah satu fungsi blog bagi perusahaan adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan serta sebagai media menjaring inputan dari pelanggan. Banyak pengguna suatu produk akan menuliskan pendapat, perasaan, kepuasan, kekecewaan dan perasaan lainnya mengenai produk tersebut, melalui blog. Dengan memiliki blog, perusahaan akan dapat turut serta dalam komunitas pelanggan sehingga dapat segera mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Kita dapat mengambil pelajaran dari apa yang dialami oleh perusahaan Kryptonite yang rugi jutaan dollar hanya karena kurang mendengarkan suara pelanggannya.
Berikut ini beberapa penggunaan blog dalam kaitannya dengan dunia bisnis (perusahaan).

1.      Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.

2.      Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.

Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.



3.      Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat dirilis.

4.      Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang mereview software ActiveWords.  Bahkan sebuah review di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.

5.      Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.

6.      Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.













BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil dan pembahsan yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Manfaat Blog dalam Dunia bisnis adalah :
a.       Rendah biaya internet alat pemasaran
b.      Drive lalu lintas web ke situs bisnis Anda
c.       Membangun produk atau brand image
d.      Menjaga dialog pelanggan
e.       Keuntungan pelanggan baru
f.       Jaringan dengan bisnis serupa lainnya
g.      Public relations stopkontak Besar
2.      Penggunaan Blog dalam Dunia Bisnis adalah :
a.       Komunikasi dengan Pelanggan
b.      Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
c.       Menarik Perhatian Pelanggan
d.      Meningkatkan Penjualan
e.       Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
f.       Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal

B.     SARAN



DAFTAR PUSTAKA

Muhammad Ali, (2000). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern,  Jakarta ;
http://www.wahyu-winoto.com/2012/02/manfaat-blog-pada-bisnis-pribadi-maupun.html

0 comment:

Post a Comment

 
×
ISUZU ELF NMR