KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, saya
bisa menyusun dan menyajikan proposal yang berisi tentang Blog dalam Dunia
Bisnis sebagai salah satu tugas kuliah Metode Penelitian. Penulis juga
mengucapkan terima kasih kepada Bapak Yayan selaku dosen mata kuliah Metode
Penelitian yang telah memberikan bimbingannya kepada penulis dalam proses
penyusunan makalah ini. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada
berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dan motivasi.
Penulis menyadari bahwa dalam
penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran yang
membangun guna menyempurnakan makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam
menyusun makalah-makalah atau tugas-tugas selanjutnya.
Penulis juga memohon maaf apabila
dalam penulisan makalah ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan
sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis.
Kuningan, April 2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................
DAFTAR ISI .............................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ....................................................................
1.2 Rumusan Masalah................................................................
1.3 Tujuan ..................................................................................
1.4 Manfaat ...............................................................................
1.5 Pembahasan .........................................................................
BAB II KAJIAN TEORI .....................................................................
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Definisi Blog ........................................................................
3.2 Penggunaan Blog ..................................................................
3.3 Manfaat Blog dalam Dunia
Bisnis .......................................
BAB IV KESIMPULAN DAN
SARAN
A. Kesimpulan...........................................................................
B. Saran.....................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Zaman sekarang, kebutuhan manusia
dalam akses data semakin meningkat, ini disebabkan adanya pola pergeseran hidup
manusia ke arah yang lebih berkembang. Dengan pemanfaatan komputer hal ini
dapat terfasilitasi dengan cepat. Akibatnya akan terjadi keefisiensian waktu,
biaya dan resource, sehingga akan menghasikan output yang optimal. Disisi lain
kebutuhan akan akses data itu terhalangi oleh adanya jarak dan waktu, terkadang
kita membutuhkan akses informasi saudara kita yang berada di negara yang
berbeda.
Dan semua itu akan dicapai dengan
lebih mudah dengan menggunakan Internet. Misalkan ketika kita menginginkan
informasi yang telah lalu. Internet dan World Wide Web (WWW) sangat populer di
seluruh dunia. Banyak masyarakat yang membutuhkan aplikasi yang berbasis
Internet, seperti E-Mail dan akses Web melalui internet. Sehingga makin banyak
aplikasi bisnis yang berkembang berjalan di atas internet.
Internet sangat
berpengaruh terhadap kehidupan dunia saat ini. Mempengaruhi segala aspek
kehidupan dari mulai Pendidikan, keuangan dan Bisnis. Dalam hal Bisnis,
internet sudah mulai berperan penting dengan penggunaan Blog sebagai media
pemasaran.
1.2
Rumusan
Masalah
Untuk memperjelas
masalah yang akan diteliti maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
A. Apa
itu Blog
B. Bagaimana
penggunaan Blog dalam dunia Bisnis
C. Apa
manfaat Blog Bagi dunia Bisnis
1.3
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui :
A. Dapat
mengetahui definisi tentang Blog
B. Dapat
mengetahui penggunaan Blog dalam dunia Bisnis
C. Dapat
mengetaui manfaat Blog bagi dunia Bisnis
1.4
Manfaat Penelitian
Dengan tercapainya
tujuan dari penelitian ini maka diharapkan dapat memberikan manfaat :
A. Mengetahui
definisi tentang Blog
B. Mengetahui
penggunaan Blog dalam dunia Bisnis
C. Mengetaui
manfaat Blog bagi dunia Bisnis
1.5
Pembatasan
Masalah
Meskipun banyak
permasalahan yang berkaitan dengan masalah diatas namun dalam penelitian ini
hanya membatasi pada masalah manfaat Blog dalam dunia Bisnis.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Pengertian Blog
dan Blogger
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang
berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap,
blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat
yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online
baik untuk umum maupun pribadi.
Blogger
adalah pemilik blog atau pengarang isi blog.
2.2 Pengertian Bisnis
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan
dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melkakukan pekerjaan yang
menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan,
tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan
usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan
mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor
pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas
merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang
dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan
perdebatan hingga saat ini.
2.3 Pengertian
Internet
Internet atau
interconnection-networking adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer
yang saling terhubung dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite yang
disingkat dengan TCP/IP yang berguna untuk melayani seluruh pengguna di seluruh
dunia.
2.4 Pengertian Afiliasi
Dalam pengertian
Bahasa Indonesia yang disempurnakan, afiliasi yang merupakan saduran dari kata
“affiliation” (Bahasa Inggris), adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang
masing-masing berdiri sendiri. Secara singkat, afiliasi juga bisa diartikan
“anggota” atau “cabang”.
Namun dalam
terminologi bisnis online, pengertian
afiliasi mengalami
sedikit penambahan makna. Afiliasi adalah “cara menghasilkan uang dengan menjual produk
dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung
menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah
produk terjual”. Di luar negeri, pengertian afiliasi memiliki kedekatan dengan pekerjaan
seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.
2.5 Pengertian Visibilitas
Keadaan dapat dilihat dan
diamati (terutama untuk keadaan cuaca, bendanya dapat dilihat dng jelas pd
jarak jauh); kejelasan.
2.6 Pengertian Domain
wilayah; daerah; ranah
2.7 Pengertian Server
Server adalah
sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan
komputer.
2.8 Pengertian SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine
Optimization. Yang secara arti kata adalah sebuah proses yang dilakukan oleh
pemilik website agar websitenya bisa optimal di search engine, sehingga website
tersebut bisa masuk di urutan atas di hasil pencarian search engine dengan kata
kunci tertentu.
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Definisi
Blog
Blog merupakan
singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang
menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah
halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik
(isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak
selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua
pengguna Internet sesuai
dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
B.
Penggunaan Blog dalam Dunia Bisnis
Memiliki blog bisnis dapat
memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis kecil dengan anggaran pemasaran yang
ketat. Jika Anda tidak memiliki web merancang tahu-bagaimana, blog merupakan
alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan.
Anda dapat menawarkan
petunjuk membantu dan mempromosikan produk Anda sendiri, meng-upload video
instruksional atau demonstrasi pada blog Anda. Anda dapat membangun basis
pelanggan menggunakan blog Anda, dan menghasilkan lead dengan memberitahukan
pengikut Anda bila Anda memiliki hingga konten baru. Google Blogger
memungkinkan untuk Google AdWords untuk posting iklan pada produk atau jasa
terkait dalam ruang blog Anda, memberikan anda pilihan penghasilan pasif
melalui pemasaran afiliasi.
C.
Manfaat Blog
A. Manfaat
penting blogging untuk bisnis pemasaran
1. Rendah biaya internet alat pemasaran
Membuka
rekening blogging di Blogger atau Wordpress adalah gratis dan Anda memiliki
perangkat lunak yang diperlukan untuk mengatur semua dalam beberapa jam. Namun,
penting untuk host blog Anda sendiri bahkan jika Anda menggunakan perangkat
lunak blogging gratis. Mendaftarkan nama domain Anda sendiri dan memiliki blog
Anda pada ruang server Anda sendiri memberikan visibilitas yang lebih baik
dalam peringkat mesin pencari.
2. Drive lalu lintas web ke situs bisnis Anda
Bila Anda
memiliki sebuah blog dan berikut biasa itu adalah seperti memiliki situs web
lain, tetapi dengan fungsionalitas yang lebih rendah. Blog Anda akan bergantung
pada artikel SEO, gambar, atau video. Pengikut Anda dapat diarahkan ke website
bisnis Anda jika Anda memiliki satu, dengan tujuan mengubah bunga atau mengarah
ke penjualan.
Buatlah
daftar kata kunci untuk SEO ceruk pasar Anda dan basis artikel Anda dan video
pada kata kunci tersebut. Hal ini akan mendorong kedua pencarian alami dan
dibayar ke blog Anda. Sertakan URL blog Anda di profil sosial Anda situs
jejaring mendorong teman-teman atau penggemar untuk mengikuti blog bisnis Anda.
Ini akan mengarahkan lalu lintas jika Anda memiliki reputasi untuk informasi
yang besar atau keahlian dalam niche yang Anda pilih.
3. Membangun produk atau brand image
Anda bisa
membangun merek Anda imageusing blog Anda. Orang membaca blog Anda mungkin
tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan - tambahkan widget bisnis Anda
atau tombol untuk blog Anda. Menulis deskripsi produk atau posting infomercial.
4. Menjaga dialog pelanggan
Blog
adalah interaktif, yang berarti bahwa pembaca Anda dapat berinteraksi dengan
Anda melalui komentar dan pertanyaan diposting di blog (yang dapat dimoderasi).
Ini adalah kesempatan Anda untuk menimbang pendapat pelanggan, saran, dan
komentar.
5. Keuntungan pelanggan baru
Beberapa
pengikut dapat merekomendasikan blog Anda kepada orang lain membawa Anda
prospek bisnis baru.
6. Jaringan dengan bisnis serupa lainnya
Semua
bisnis berjalan di jaringan internal dan eksternal. Menjaga dengan blog yang
sama dan artikel mereka dapat memberikan Anda kesempatan untuk mengomentari
artikel mereka sambil menambahkan nilai kepada mereka menyajikan pengetahuan
Anda pada subjek. Seorang pembaca yang tertarik di blog mereka bisa
mengklik-melalui dengan Anda untuk membaca lebih lanjut! Jenis klik-through
bebas dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda.
7. Public relations stopkontak Besar
Dalam
kasus ini, bisnis Anda berjalan ke beberapa pers buruk blog Anda bisa menjadi
kesempatan Anda untuk menunjukkan bersih. Anda dapat membuat berdiri Anda jelas
atau tantangan opini publik. Sebagai pembaca reguler menyadari siapa Anda dan
tahu Anda dari interaksi online biasa, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik
untuk menggalang dukungan melalui cara virus.
B. Manfaat
Blog Bagi Perusahaan
Kemudian, selain manfaat bagi kalangan pribadi, ternyata banyak
juga manfaat blog bagi Perusahaan, baik PT besar, Sedang, Kecil, maupun UKM.
Blog bagi perusahaan sebenarnya bukanlah sebuah solusi akhir untuk
pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya
pada blog. Namun demikian, penggunaan blog bagi perusahaan saat ini mungkin
menjadi sesuatu yang wajib. Kita tahu banyak perusahaan besar seperti
Microsoft, Google, dan CNN semuanya memiliki blog.
Lalu apa manfaat blog bagi perusahaan? Salah satu fungsi blog bagi
perusahaan adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan serta
sebagai media menjaring inputan dari pelanggan. Banyak pengguna suatu produk
akan menuliskan pendapat, perasaan, kepuasan, kekecewaan dan perasaan lainnya
mengenai produk tersebut, melalui blog. Dengan memiliki blog, perusahaan akan
dapat turut serta dalam komunitas pelanggan sehingga dapat segera mengakomodir
apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Kita dapat mengambil pelajaran dari apa
yang dialami oleh perusahaan Kryptonite yang rugi jutaan dollar hanya karena
kurang mendengarkan suara pelanggannya.
Berikut ini beberapa penggunaan blog dalam kaitannya dengan dunia
bisnis (perusahaan).
1. Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara,
artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah
mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan
juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan,
baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk
sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya,
http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan
terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur
produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang
terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara
perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.
2. Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media
untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal
atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan
oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang
bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang
disajikan mengenai produk dan layanannya.
Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup
banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan
MySQL di blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara
gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya
mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan
membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa
penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.
3. Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian
pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat
serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk
ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs
atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya
tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa
penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat
dirilis.
4. Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan
ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu
software yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder
atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin
bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen
pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang
mereview software ActiveWords. Bahkan
sebuah review di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.
5. Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
Mungkin beberapa dari
kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah
perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian
hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya
ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan
pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya
di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal,
http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna
kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus
mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua
produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga
mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat
menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan
perbaikan.
6. Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi
internal
Bagi
internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan
kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala
hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun
kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan
melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada
akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan
hasil dan pembahsan yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut :
1.
Manfaat Blog dalam
Dunia bisnis adalah :
a. Rendah biaya internet alat pemasaran
b. Drive lalu lintas web ke situs bisnis Anda
c. Membangun produk atau brand image
d. Menjaga dialog pelanggan
e. Keuntungan pelanggan baru
f. Jaringan dengan bisnis serupa lainnya
g. Public relations stopkontak Besar
2.
Penggunaan
Blog dalam Dunia Bisnis adalah :
a. Komunikasi dengan Pelanggan
b. Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
c. Menarik Perhatian Pelanggan
d. Meningkatkan Penjualan
e. Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
f. Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi
internal
B.
SARAN
DAFTAR PUSTAKA
Muhammad Ali, (2000). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia
Modern, Jakarta ;
http://www.wahyu-winoto.com/2012/02/manfaat-blog-pada-bisnis-pribadi-maupun.html
0 comment:
Posting Komentar