Senin, 11 April 2011

Perbandingan Agama Islam dan Kristen [Makalah Teknik Penulisan Ilmiah]

Perbandingan Agama Islam dan Kristen [Makalah Teknik Penulisan Ilmiah]

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANGAqidah yang sangat mendasar dalam ajaran islam adalah menetapkan bahwa Tuhan dibersihkan dari seluruh cacat dan berhak dari segala kesempurnaan. Dalam wadah ini suatu yang wajib kita yakini dan dipegang teguh, yaitu wujud Allah SWT merupakan wujud yang paling tinggi. Dalam akidah filsafat, wujud itu merupakan sifat nafsiyah, yaitu wujud yang berlaku bagi Allah saja, berdasarkan wujud Allah ini. Ia tidak sampai untuk menelantarkan manusia tanpa perlindungan dan petunjuknya.
Aqidah yang sangat mendasar dalam ajaran islam adalah menetapkan bahwa tuhan dibersihkan dari seluruh cacat dan berhak dari segala kesempurnaan. Dalam wadah ini suatu yang wajib kita yakini dan dipegang teguh, yaitu wujud Allah Swt merupakan wujud yang paling tinggi. Dalam akidah filsafat, wujud itu merupakan sifat nafsiyah, yaitu wujud yang berlaku bagi Allah saja, berdasarkan wujud Allah ini. Ia tidak sampai untuk menelantarkan manuusia tanpa perlindungan dan petunjuknya.
Dengan adanya petunjuk yang diberikan itu, maka rakhman dan rakhim Allah senantiasa akan selalu memelihara kita. Pemeliharaan Allah itu tidak hanya meliputi manusia saja, tetapi juga seluruh hewan dan alam semesta. Objek terpenting dari pemeliharaan Allah terhadap manusia terletak pada jiwa itu sendiri. Karena, manusia akan selamat apabila jiwanya itu dapat terpelihara dengan baik.
Melalui lantaran Rosululloh SAW kita dikabarkan tentang konsep ketuhanan yang Hak. Konsep ketuhanan yang meniadakan sekutu bagi tuhan, atau dalam kata lain konsep tuhan Esa, tanpa menyandarkan Tuhan dengan benda atau suatu apapun.
Berbeda dengan sistem ketuhanan Agama yang lain. Sebagaimana yang bisa kita lihat pada Agama Hindu dan Budha yang menyandarkan tuhan pada Arca dan Patung-patung.perbedaan juga terdapat pada konsep ketuhanan mereka, sebab dalam Agama Hindu ternyata Dikenal dengan istilah Trinitas, yang tertdiri dari Brahma sebagai Dewa pembantu, Wisnu sebagai Dewa pemelihara dan Siwa sebagai dewa perusak.
Yang menjadi pertanyaan adalah, ketika peraturan mereka akan memutuskan satu masalah. Berarti mereka harus mengadakan rapat terlebih dahulu. Kalau dalam sidang ada Tuhan yang tidak setuju, bagaimana?.melihat tugas tuhan-tuhan tersebut,apa mungkin mereka tidak berbeda pendapat. Atau dengan kata lain apakah para Tuhan tidak bertengkar? Diantara Tuhan itu,yang mana yang paling awal? dan saya rasa mungkin masih banyak pertanyaan yang tidak ada habisnya tentang konsep ketuhanan mereka, yang seperti sangat dipaksakan.
Atau bisa dilihat pada Agama kristen, Dalam Aqidah kristen sistem ketuhanan dikenal dengan istilah Trinitas, perbedaan yang mendasar adalah kristen mengajarkan bahwa disurga tuhan Bapak, mengakui adanya Tuhan anak dan Ruh kudus yang diberikan Malaikat Jibril kepada Maryam. Sistem ini dinamakan Trinitas yang mengakui bahwa Tuhan ada tiga. Tuhan Bapak,Tuhan Anak, Tuhan Ibu (Ruhul kudus).
Dengan adanya Tuhan Anak, mereka beranggapan bahwa dosa-dosa yang dilakukan oleh Adam dapat ditebus dengan penyalipan Nabi Isa. Hal itu berangkat dari kasus yang dilakukan Nabi Adam ketika berada disurga, yang memakan buah khuldi (menurut satu pendapat) yang dilarang Tuhan, karena itu penyaliban Yesus merupakan tanda penebusan dosa manusia. Dalam hal ini, Roh kudus dianggap memiliki andil yang sangat besar dalam usaha memperbaharui penebusan dosa. Dengan demikian kita semua tidak berdosa atau sudah terbebas dari dosa. Sehingga dalam ajaran kristen jarang sekali apa yang dinamakan neraka. Karena manusia dianggap bebas dari neraka. Yang diartikan sebagai tempat orang yang melakukan dosa.
Sementara dalam ajaran Islam konsep ini, jelas-jelas ditolak. Seorang Anak melakukan dosa, tidak akan turun kepada orang tuanya atau sebaliknya, karena tidak ada yang sanggup menanggung dosa seseorang walaupun terhadap keluarganya sendiri kecuali diri sendiri.
B. IDENTIFIKASI DAN PEMBATASAN MASALAH
1. Identifikasi Masalah
Melihat keadaan sistem ketuhanan yang ada dalam ajaran Kristen, banyak orang Eropa dan Amerika yang sudah meninggalkan ajaran agamanya. Banyak yang beranggapan bahwa Kristen bisa mencapai kemajuan karena mereka meninggalkan ajaran itu, terbukti banyak negara Barat terutama Amerika, sangat mengkampanyekan secara total antara urusan agama dan negara. Karena memang dalam ajaran Kristen tidak ada pengaturan tentang kehidupan dunia itu menjadi bukti nyata bahwa betapa tidak relevan ajaran itu untuk kehidupan saat ini, karena memang ajaran Kristen hanya di peruntukan untuk sekelompok umat dan hanya pada waktu itu.
Berbeda dengan Islam yang menyajikan pengaturan dan aturan tentang bagaimana kehidupan yang benar itu, Islam menyajikan aturan dunia yang sangat sempurna dan terbagi menjadi tiga pembagian hukum, Fiqh Siyasah, Fiqh Ibadah, Fiqh Muamalah suatu konsep ajaran yang integral dan tidak dapat di temukan dalam ajaran agama lain.
Sebaliknya umat Islam bisa mundur karena mereka meninggalkan ajaran agamanya, sekalipun banyak orang kristen yang meninggalkan agamanya, namun mereka tetap mengakui akan kebenaran agama itu. Sebagian lambang dari ajaran agama Kristen yang kita saksikan adalah salib, asas-asas salibisme yang ada pada diri merek sangat kelihatan, seperti apa yang terjadi ketika perang salib.
Sesungguhnya ajaran-ajaran Kristen tersebut sering menimbulkan perbedaan di kalangan mereka sendiri dan ini menyebabkan berbagai aliran di tubuh Kristen itu sendiri, dan bagi mereka yang berbeda aliran tidak diperkenankan beribadah di tempat yang sama. Sebagai inti uraian dalam pembatasan ini adalah ada suatu keyakinan Nasrani yang tidak sama dengan Islam yaitu derajat maksiat seseorang. Jika salah satu di antara mereka berbuat maksiat maka yang lain akan dianggap maksiat semua, atau ada pemimpin yang berbuat baik maka yang lain dianggap baik, dan ini sungguh merupakan ajaran yang tidak masuk akal.
2. Pembatasan Masalah
Perbandingan Agama (al-Diraasat fii al-Diyaanat)
merupakan sebuah disiplin ilmu yang didalamnya dilakukan perbandingan antara berbagai agama, menyangkut sejarah ataupun doktrin, dengan didasarkan pada asas tertentu. Bagi seorang muslim, perbandingan agama harus didasarkan pada asas semangat dan keyakinan atas kebenaran Islam diatas semua agama.
Bagi saya pribadi berbicara mengenai perbandingan agama khususnya Islam dan Kristen sangat menarik untuk dibahas, karena saya yakin akan banyak timbul permasalahan dari perbandingan kedua agama samawi tersebut, namun dalam pembahasan ini permasalahan yang saya uraikan hanya meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan antara Islam dan Kristen dilihat dari berbagai aspek.
C. PERUMUSAN MASALAH
Memperhatikan realita perbedaan keagamaan yang telah diuraikan diatas perlu adanya pemahaman antara konsep Islam dan Kristen itu sendiri yang dirumuskan sebagai berikut:
1. Menjelaskan pengertian dari Agama, Islam dan Kristen itu sendiri.
2. Mencoba membandingkan kedua agama tersebut dan melihat persamaan atau perbedaan yang ada antara Islam dan Kristen.
3. Menjadikan Al-Qur’an dan Injil sebagai dasar perbandingan antara Islam dan Kristen.
D. TUJUAN PEMBAHASANTujuan dari diadakannya pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pengertian dari Agama, Islam dan Kristen itu sendiri.
2. Dapat mengetahui secara jelas perbandingan antara Islam dan Kristen baik dari segi persamaannya ataupun dari segi perbedaannya.
3. Mengetahui dasar-dasar pembanding antara Islam dan Kristen dilihat dari Al-Qur’an dan kitab Injil.
E. KEGUNAAN PEMBAHASANKegunaan dari pembahasan ini adalah :
a. Bagi saya pribadi pembahasan ini merupakan wahana latihan pengembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah.
b. Dengan adanya pembahasan ini tentunya akan semakin memperkaya ilmu pengetahuan saya khususnya tentang agama Islam dan Kristen.
c. Untuk semakin menguatkan keyakinan terhadap kebenaran Islam dan kebathilan agama lain.
d. Untuk menggagas dialog antar agama dalam rangka dakwah dan kemaslahatan bersama.
Makalah teknik penulisan karya ilmiah dengan judul perbandingan Agama Islam dan Kristen ini jumlah keseluruhan sebanyak 25 halaman, sudah saya jadikan ebook dengan format pdf, bagi yang berminat silahkan download disini dengan password : www.kosmaext2010.com ;

1 komentar:

  1. link downloadnya mana y?
    tolong dong, soalnya penting banget
    thanks

    BalasHapus